Bola Internasional

Thomas Tuchel Jadi Pelatih Jerman Pertama yang Juara Liga di Luar Bundesliga, Klopp Menyusul?

Senin, 22 April 2019 08:42 WIB
Editor: Juni Adi
© Jean Catuffe/Getty Images
Thomas Tuchel melakukan selebrasi pada laga melawan Lille OSC di Stade Pierre Mauroy,(14/04/19). Jean Catuffe/Getty Images Copyright: © Jean Catuffe/Getty Images
Thomas Tuchel melakukan selebrasi pada laga melawan Lille OSC di Stade Pierre Mauroy,(14/04/19). Jean Catuffe/Getty Images

INDOSPORT.COM - Setelah sempat tertunda dalam beberapa pekan terakhir, Pari Saint-Germain akhirnya berhasil merebut gelar juara Ligue 1 Prancis musim ini.

Kepastian tersebut didapat setelah mereka menang atas AS Monaco, dengan skor 3-1 pada Senin (22/04/19) dini hari WIB.

Tiga gol PSG diborong oleh bintang muda mereka, Kylian Mbappe masing-masing di menit ke-15, ke-38, dan ke-55. Sementara gol balasan Monaco dicetak oleh Aleksandr Golovin menit ke-80.

Tambahan tiga angka membuat Les Parisiens kini kokoh di puncak klasemen sementara dengan mengumpulkan 84 poin, dari 33 pertandingan. Perolehan poin mereka sulit dikejar pesaing terdekatnya, Lille OSC di lima sisa laga musim ini.

Saat ini, Lille sendiri berada di posisi kedua dengan koleksi 65 poin. Keberhasilan Paris Saint-Germain meraih gelar juara juga tidak lepas dari tangan dingin pelatih Thomas Tuchel.

Mantan juru taktik Borussia Dortmund itu mampu membangun tim dengan kombinasi pemain muda dan senior, seperti Kylian Mbappe, dan Dani Alves.

Ini merupakan gelar prestisius kedua dalam kiprah Tuchel sebagai pelatih. Sebelumnya, ia berhasil mengantarkan Dortmund juara Bundesliga Jerman musim 2016/17 lalu.

Selain itu, pencapaian ini juga membawa Thomas Tuchel mencatatkan rekor pribadi yakni sebagai pelatih asal Jerman pertama yang menjuarai liga domestik top Eropa di negara lain, setelah 11 tahun menurut data France.tvsport.

Terakhir kali pelatih asal Jerman membawa timnya juara liga di luar Bundesliga adalah Bernd Schuster, saat menjuarai La Liga Spanyol bersama Real Madrid musim 2007/08 lalu.

Pelatih asal Jerman selanjutnya yang berpeluang mengikuti jejak Thomas Tuchel dan Bernd Schuster adalah Jurgen Klopp bersama Liverpool.

Musim ini, The Reds berpeluang menjuarai Liga Primer Inggris meski harus bersaing ketat dengan Manchester City. Kedunya kini berselisih dua poin di papan atas klasemen sementara.

Liverpool berada di puncak dengan 88 poin, sementara City berada di posisi kedua dengan 86 poin. Hanya saja The Citizens mempunyai tabungan satu pertandingan, yang bisa mengagalkan mimpi mereka meraih gelar juara.