Liga Indonesia

Persipura Pindah Markas, Verifikasi BOPI dan PT LIB Tetap Berjalan

Senin, 29 April 2019 13:50 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo
Competition Development Manager PT LIB, Amos Yulius saat mengecek kelayakan stadion Mandala Jayapura. Copyright: © Sudjarwo
Competition Development Manager PT LIB, Amos Yulius saat mengecek kelayakan stadion Mandala Jayapura.

INDOSPORT.COM - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan tetap melanjutkan proses verifikasi terhadap Stadion Mandala dan juga Persipura Jayapura meski nantinya tim itu harus mengungsi sementara ke luar Papua.

Persipura dipastikan memilih Yogyakarta sebagai markas sementara menyusul renovasi Stadion Mandala menjelang ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Mereka mempertimbangkan kondisi lumayan banyaknya perantau Papua di Kota Pelajar.

Menanggapi hal itu, wakil koordinator tim verifikasi BOPI, Hero, mengatakan bahwa pihaknya akan tetap memonitor proses verifikasi terhadap Persipura sekaligus stadion yang mereka gunakan nantinya.

"Soal itu kami serahkan ke PT LIB. Jadi keputusan operator kalau Persipura jadi pindah markas di luar Papua nanti akan diverifikasi dan diberi izin untuk mengecek stadion," ujar Hero kepada wartawan di Jayapura, Senin (29/4/19).

Tak hanya Stadion Mandala, sejumlah stadion di Yogyakarta yang akan digunakan Persipura sebagai markas juga akan diverifikasi terlebih dahulu terkait kesiapan menggelar pertandingan kelas Liga 1.

"Kami akan tetap monitor dan kalau memang tahun lalu sudah diverifikasi seharusnya tak ada masalah, seperti stadion di Magelang, Maguwoharjo, dan Bantul. Kami akan mengawasi agar proses ini benar-benar dijalankan secara profesional," jelasnya.

Sementara itu, Competition Development Manager PT LIB, Amos Yulius menegaskan kedatangan pihaknya ke markas Persipura bukan hanya mengecek kelayakan Stadion Mandala, melainkan juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan manajemen Persipura.

"Kedatangan kami untuk melakukan verifikasi, bukan infrastruktur saja, tapi juga mengecek kondisi manajemen Persipura," pungkasnya.

Mengenang Herlina Kasim, Sang Kartini Sepak bola Indonesia

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT