Liga Indonesia

Bila Gabung Persebaya, Kiper Ajax Keturunan Indonesia Bisa Pecahkan Rekor

Selasa, 30 April 2019 12:13 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Socrates Images/Getty Images
Kiper keturunan Indonesia, Benjamin van Leer saat memperkuat klub Belanda NAC Breda. Copyright: © Socrates Images/Getty Images
Kiper keturunan Indonesia, Benjamin van Leer saat memperkuat klub Belanda NAC Breda.

INDOSPORT.COM – Posisi penjaga gawang nampaknya menjadi sektor yang harus segera diperbaiki oleh Persebaya Surabaya. Pasalnya, para kiper yang dimiliki Persebaya masih saja belum bisa menunjukkan performa meyakinkan.

Krisis kiper yang dialami Persebaya terlihat jelas pada partai final Piala Presiden 2019 kontra Arema FC. Dua kiper yang diturunkan Persebaya pada dua partai final, Miswar Saputra dan Abdul Rohim, sama-sama membuat blunder fatal yang membuat Bajul Ijo gagal meraih kemenangan.

Di tengah permasalahan posisi kiper yang sedang dialami Persebaya, muncul rumor yang menyatakan kiper asal Belanda berdarah Indonesia, Benjamin van Leer bisa menjadi opsi Bajul Ijo untuk sektor penjaga gawang.

Namun, bila Persebaya berminat mendatangkan Van Leer, mereka harus merogoh kocek dalam-dalam karena banderol harga pemain berusia 27 tahun itu terbilang mahal.

Dihimpun dari laman Transfermarkt, banderol harga Van Leer saat ini adalah 1,25 juta euro atau lebih dari Rp19 miliar. Dengan banderol harga lebih dari Rp19  miliar, maka Van Leer bisa memecahkan rekor jika pemain kelahiran Houten itu bergabung dengan Persebaya.

Bahkan, harga satu orang Van Leer sama dengan banderol harga empat penggawa asing plus dua pemain lokal Bajul Ijo. Di tim Persebaya saat ini ada empat pemain asing, yakni Otavio Dutra, Damian Lizio, Manuchekhr Dzhalilov, dan Amido Balde. Keempat pemain tersebut jika digabung berharga 825 ribu euro atau sekitar Rp13 miliar.

Sedangkan dua pemain lokal termahal di skuat Persebaya saat ini adalah Osvaldo Haay dan Irfan Jaya dimana total haga kedua penggawa muda tersebut adalah 425 ribu euro atau sekitar Rp6,7 miliar.

Sebagai informasi, Van Leer saat ini membela klub NAC Breda di kompetisi sepak bola Liga Eredivisie Belanda. Di level junior, kiper bertinggi 187 cm itu pernah membela tim junior Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM