Liga Inggris

Meski Gunakan Taktik Nyeleneh, Marcelo Bielsa Ternyata Jadi Inspirasi Guardiola

Selasa, 30 April 2019 21:31 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Aksi berani dari Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United mendapat sorotan dari pelatih Man City, Pep Guardiola. Copyright: © Getty Images
Aksi berani dari Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United mendapat sorotan dari pelatih Man City, Pep Guardiola.

INDOSPORT.COM - Tak hanya berani untuk kehilangan peluang mempromosikan timnya, Leeds United ke Liga Primer Inggris, Marcelo Bielsa ternyata punya sisi lain yang tidak banyak diketahui publik.

Marcelo Bielsa langsung mejadi sorotan usai mendampingi Leeds United melawan Aston Villa pada pekan ke-45 Liga Inggris tingkat Championship 2018/19, Minggu (28/04/19) kemarin.

Bagaimana tidak? Bielsa bertingkah seperti pelatih gila saat itu lantaran mengarahkan anak asuhnya agar memberikan gol pada Aston Villa secara cuma-cuma.

Alhasil Leeds United pun harus berjuang untuk mencicipi kompetisi di kasta teratas Liga Primer Inggris melalui babak playoffs.

Terlepas dari aksi gila itu, ada seorang pelatih kawakan yang merupakan penggemar Marcelo Bielsa. Pelatih yang dimaksud adalah Pep Guardiola.

© Getty Images
Pep Guardiola, pelatih Man City. Copyright: Getty ImagesPep Guardiola, pelatih Man City yang mengagumi sosok dari Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United.

Guardiola bahkan sampai meluangkan waktunya saat melakukan perjalanan ke Argentina hanya demi bertemu dengan Bielsa.

"Kekaguman saya untuk Bielsa sangat besar. Saya belum pernah mendengar komentar buruk dari anak asuhnya," ujar pelatih yang kini menukangi Manchester City tersebut.

Marcelo Bielsa bisa juga merupakan seorang pelatih yang memiliki taktik nyeleneh. Jika Bielsa mengikuti prinsipnya, maka Leeds akan memakai formasi 3-3-1-3 saat bermain.

Itu adalah formasi yang membuat banyak lawan menjadi bingung lantaran berpotensi memberikan tekanan agresif dan pertahan serta serangan yang moncer.

Demi meraih kemenangan, Marcelo Bielsa juga sering memata-matai lawan yang akan dihadapi oleh timnya.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Liga Inggris dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Penulis: Katarina Erlita Candrasari