Liga Indonesia

Sisipkan Nama ‘Indonesia’, Proses Naturalisasi Marc Klok Telah Selesai?

Selasa, 30 April 2019 20:04 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Marc Klok memberikan sinyal positif mengenai proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia. Copyright: © Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Marc Klok memberikan sinyal positif mengenai proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia.

INDOSPORT.COM – Marc Klok memberikan sinyal positif mengenai proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia. Hal tersebut terlihat di unggahan akun Instagram pribadinya setelah mencetak dua gol yang memastikan kemenangan 3-2 PSM Makassar atas Home United di ajang Piala AFC 2019 (30/4/19).

“Untuk PSM Makassar dan Indonesia,” tulis Klok di caption fotonya yang berbalut nuansa hitam putih bersama Guy Junior yang juga mencetak satu gol dalam pertandingan tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Marc Klok (@marcklok) on

Ia secara terang-terangan mempersembahkan kemenangan tersebut untuk Indonesia. Ia bersama klubnya memang menjadi salah satu wakil klub sepak bola Indonesia di Piala AFC selain Persija. Namun, bagi seorang pemain asing, ia seolah menunjukkan bahwa dirinya telah menjadi bagian dari Indonesia.

Klok bersama beberapa pemain asing lainnya memang sedang dalam proses mendapatkan paspor Indonesia. Tetapi, ia memiliki keuntungan karena memiliki ‘darah’ Indonesia. Klok memiliki kakek buyut bernama Jan Ernst Karel yang lahir di Makassar. Oleh karenanya, ia tak perlu tinggal lima tahun berturut-turut untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Kemenangan PSM sendiri mengukuhkan mereka di posisi puncak grup H Piala AFC 2019. Tim Juku Eja sejauh ini belum pernah mengalami kekalahan. Klok dan kawan-kawan telah mengumpulkan 11 poin dari lima pertandingan.

Dengan satu pertandingan tersisa, hasil tersebut membuat PSM dipastikan lolos ke babak berikutnya. Home United yang berada di posisi ketiga tidak mungkin mengejar perolehan poin PSM karena baru mengumpulkan tujuh poin.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%