Liga Indonesia

Soal Loyalitas, Sylvano Comvalius Kalahkan Anelka dan Ibrahimovic

Selasa, 30 April 2019 16:05 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sylvano Comvalius membentangkan syal Arema FC saat perkenalannya di Kantor Arema, Rabu (24/04/19). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Sylvano Comvalius membentangkan syal Arema FC saat perkenalannya di Kantor Arema, Rabu (24/04/19).

INDOSPORT.COM – Selama kariernya di dunia sepak bola, penyerang anyar Arema FC Sylvano Comvalius tercatat pernah membela banyak klub. Sebelum hijrah ke Arema FC, pemain berpaspor Belanda itu tercatat pernah 15 klub berbeda.

Arema FC yang bakal dibela Comvalius pada kompetisi Liga 1 musim 2019 merupakan klub ke-16 bagi pemain yang kini berusia 31 tersebut. Sebelumnya, Comvalius pernah membela sejumlah klub di Eropa dan Asia.

Klub pertama Comvalius adalah FC Omniworld di kompetisi amatir Belanda. Pemain kelahiran Amsterdam itu kemudian berpindah-pindah klub, mulai dari Quick Boys (Divisi 4 Liga Belanda), Al Salmiya SC (Liga Utama Kuwait), Dynamo Dresden (Bundesliga 2), Bali United (Liga 1 Indonesia), hingga Kuala Lumpur FA (Liga Super Malaysia).

Bahkan, Comvalius mencatatkan ‘rekor’ selalu berganti klub sejak musim 2010/2011. Selama hampir 10 tahun terakhir, pencetak gol terbanyak Liga 1 2017 itu tidak pernah membela satu klub lebih dari semusim.

Comvalius bukan satu-satunya pemain yang dikenal gemar berpindah-pindah klub, atau biasa disebut journeyman. Jumlah klub yang pernah dibela Comvalius bahkan lebih banyak dari dua bintang sepak bola Eropa, yakni Nicolas Anelka dan Zlatan Ibrahimovic.

Anelka selama masih aktif bermain sepak bola tercatat pernah membela 12 klub berbeda, mulai dari Paris Saint-Germain, Real Madrid, Arsenal, Liverpool, dan terakhir bermain untuk Mumbai City di Liga Super India.

Sama seperti Anelka dan Comvalius, seorang Zlatan Ibrahimovic juga dikenal sebagai journeyman. Pemain asal Swedia itu pernah membela klub-klub top Eropa.

Ibra tercatat pernah membela Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, Manchester United dan sekarang bermain untuk LA Galaxy. Total, Ibrahimovic tercatat pernah bermain untuk 9 klub berbeda selama kariernya di sepak bola profesional.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM