Liga Indonesia

Dilepas Persib, Radovic Berpeluang Latih Timnas Indonesia?

Jumat, 3 Mei 2019 14:50 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter.com/persib
Miljan Radovic melakukan perpisahan dengan para pemain Persib Bandung. Copyright: © Twitter.com/persib
Miljan Radovic melakukan perpisahan dengan para pemain Persib Bandung.

INDOSPORT.COM – Pelatih Miljan Radovic resmi meninggalkan klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung demi mengikuti lisensi kepelatihan UEFA Pro. Tetapi keputusannya tersebut bisa jadi membuka peluang sang pelatih untuk melatih Timnas Indonesia di masa depan.

Keputusan Radovic mengikuti lisensi kepelatihan UEFA Pro lantaran peraturan baru AFC pada tahun 2020 yang mengharuskan setiap pelatih asal Eropa memiliki lisensi kepelatihan tersebut jika ingin menjadi pelatih kepala.

Tetapi sebenarnya, ada keuntungan lainnya yang akan didapatkan Miljan Radovic jika dirinya memiliki lisensi kepelatihan tersebut, salah satunya yaitu memiliki kesempatan untuk melatih Timnas Senior Indonesia.

Meskipun saat ini Timnas Indonesia dilatih oleh Simon McMenemy yang merupakan eks pelatih Bhayangkara FC, namun pelatih berkebangsaan Skotlandia tersebut belum memiliki lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Lisensi kepelatihan UEFA Pro merupakan sertifikasi pelatihan tertinggi yang bisa diikuti setelah menyeleasikan lisensi kepelatihan UEFA B dan UEFA A dan memiliki masa berlaku selama dua tahun.

Sementara itu, coach Miljan Radovic saat ini sudah memiliki lisensi kepelatihan UEFA A dan bisa langsung mengikuti lisensi kepelatih UEFA Pro untuk mengamankan posisinya jika peraturan AFC benar-benar diberlakukan pada tahun 2020 mendatang.

Kesempatannya untuk mengembangkan sayap di kancah Internasional pun semakin terbuka karena bisa saja, PSSI menunjuknya sebagai pelatih Timnas Indonesia senior di masa mendatang.

Walaupun demi mengikuti lisensi kepelatihan UEFA Pro, Radovic harus merelakan posisinya sebagai pelatih kepala Persib Bandung digusur oleh Robert Rene Alberts.

Namun pelatih berkebangsaan Montenegro tersebut mengaku menerima keputusan manajemen Persib dan mendoakan yang terbaik untuk tim berjuluk Maung Bandung di tangan pelatih baru.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Persib dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT