Liga Indonesia

Penuh Kejanggalan, Netizen Pertanyakan Wasit Persib vs Borneo

Sabtu, 4 Mei 2019 17:59 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Borneo FC memprotes wasit pada laga Persib Bandung vs Borneo FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (04/05/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Borneo FC memprotes wasit pada laga Persib Bandung vs Borneo FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (04/05/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pada pertandingan leg kedua babak 8 besar kompetisi sepak bola Indonesia, Kratingdaeng Piala Indonesia lagi-lagi melahirkan kontroversi. Kali ini, sebuah keputusan yang diambil oleh wasit ketika memberikan penalti untuk Persib Bandung.

Dalam pertandingan ini, Persib yang mengusung wajib menang untuk melaju ke babak berikutnya harus tertunduk malu, walau berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2. Pasalnya berdasarkan agregat, Borneo berhasil menang karena agregat gol tandang.

Akan tetapi, selain karena gagalnya Maung Bandung ke semifinal, terdapat satu momen kontroversi saat wasit memberikan penalti untuk Persib di menit ke-85.

Diketahui pengadil lapangan ini memberikan hadiah tendangan 12 pas kepada Persib setelah Renan Silva dianggap menyentuh bola dengan tangannya.

Namun, bila menilik lebih jeli, nyatanya bek asal Brasil sejatinya tidak menyentuh bola dengan tangannya, melainkan dengan dadanya.

Namun wasit tetap teguh pada pendiriannya, dan memberikan penalti untuk Persib--yang pada akhirnya berhasil dikonversi menjadi gol oleh Ezechiel N'Douassel--sontak keputusan ini langsung dicibir banyak orang. Tak sedikit yang beranggapan bahwa keputusan tersebut sangatlah aneh.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Penalti

A post shared by Libero_idn (d/h @libero_id) (@libero_idn) on

Netizen pun dengan cepat mengeluarkan keluh kesahnya di linimasa media sosial. Banyak yang bertanya, apakah wasit ini telah disogok, seperti kasus-kasus sebelumnya, ataukah hanya kesalahan manusia pada umumnya.

Sebelumnya kualitas wasit pada Piala Indonesia turut dipertanyakan oleh manajer Bhayangkara FC, Sumardji, yang merasa adanya indiskasi kecurangan pada laga semifinal melawan PSM Makassar.

Sumardji menuturkan bahwa dirinya merasa ada ketidakadilan dari wasit yang bertugas, Nusur Fadillah, khususnya pada keputusan yang tidak mengesahkan Anderson Salles.

Terus Ikuti Update Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT