Liga Indonesia

Bersiap Gelar Liga 1 Wanita, Ini Harapan PSSI

Minggu, 5 Mei 2019 19:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Situasi pertandingan tim sepakbola wanita di Kartini Cup 2018. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Situasi pertandingan tim sepakbola wanita di Kartini Cup 2018.

INDOSPORT.COM  Sepak bola Indonesia nampaknya akan menginjak babak baru dalam perkembangannya, lantaran federasi sepak bola Tanah Air, PSSI tengah bersiap menggelar Liga 1 wanita.

Rencananya, liga wanita dihelat pada September 2019 mendatang dan sejauh ini sudah ada delapan klub yang menyatakan diri turut berpartisipasi.

Direktur teknik PSSI, Danurwindo mengatakan sudah saatnya Indonesia punya kompetisi sepak bola wanita, sebab di level dunia telah banyak kejuaraan internasional yang digelar dan melibatkan banyak negara.

Jadi, adanya liga wanita bertujuan membangun Timnas wanita Indonesia yang tangguh sehingga bisa bersaing di Asia, Asia Tenggara, maupun dunia.

"Rencana liga wanita nanti September dan sejauh ini ada delapan tim yang menyatakan turut serta dan masih bisa bertambah. Tujuannya adalah kita harus menggalakkan itu karena ada kejuaraan dunia, Asia, Asia Tenggara, dan ini program FIFA jadi kalau bisa kita usahakan dari usia muda," katanya.

"Antusias sepak bola putri memang berbeda dengan putra. Tapi ini tugas PSSI biar tidak dibeda-bedakan, sebab anak putri juga butuh wadah berkompetisi, tapi perlu proses," lanjut Danurwindo.

Sementara itu, salah satu anggota komite eksekutif PSSI, Papat Yunisal berharap masyarakat turut membantu mengembangkan sepak bola wanita. Pemerintah, Asprov (asosiasi provinsi), Askab (asosiasi kabupaten) harus saling bahu membahu melakukan pembinaan sejak usia muda.

"Untuk masyarakat khususnya dinas pendidikan, asprov, askab mereka harus mulai melakukan pembinaan. Kita sudah permanen setiap tahun ada kejuaraan U-16 dan senior," katanya.

Bertualang ke Tempat Wisata Unik di Malang, Kampung Biru Arema

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT