Liga Italia

Atalanta Adalah Ajax Amsterdam-nya Liga Italia Serie A

Senin, 6 Mei 2019 20:10 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Paolo Magni /ANSA via AP
Para pemain Atalanta sedang berselebrasi merayakan gol Copyright: © Paolo Magni /ANSA via AP
Para pemain Atalanta sedang berselebrasi merayakan gol

INDOSPORT.COM - Mantan Pelatih Juventus, Fabio Capello, sebut Atalanta sebagai cerminan Ajax Amsterdam di Liga Italia Serie A 2018/19 setelah tim asuhan Gian Piero Gasperini ini mampu membuat kejutan dengan merangsek ke empat besar dan mencapai final Coppa Italia.

Hal ini seperti yang diberitakan oleh The Guardian di mana Capello menyebut permainan Atalanta mirip dengan gaya permainan Ajax yang selalu berduel satu lawan satu dengan pemain lawan di seluruh area lapangan. Baginya, hal ini merupakan filosofi yang dianut Gasperini selama melatih.

Selain menerapkan filosofi bertahan yang melelahkan, Atalanta juga menjadi tim terproduktif di liga musim ini dengan torehan 71 gol dari 35 penampilan. Bahkan mereka menjadi tim yang paling banyak menyentuh bola di kotak penalti lawan. Hal ini menunjukkan tajamnya insting menyerang Duvan Zapata dkk.

Gasperini bahkan terkenal akan kepiawaiannya memunculkan potensi terbaik pemain yang terbilang tua. Ia mampu menjadikan Zapata sebagai mesin gol yang tajam.

Hingga saat ini, pemain berusia 28 tahun ini mampu menorehkan 22 gol melewati torehan 21 gol Cristiano Ronaldo. Ia bahkan bersaing ketat dengan Fabio Quagliarela yang kini memuncaki daftar top skorer sementara dengan 25 gol.

Begitu pula dengan Josip Ilicic, 31 tahun, yang beroperasi di lini tengah telah mencatatkan 11 gol dan tujuh assist dalam 28 pertandingan.

Dapat disimpulkan, ucapan Capello bukanlah isapan jempol belaka. Jika Ajax mampu merubah skuat muda menjadi mesin mematikan, maka Atalanta adalah kebalikannya yang menjadikan pemain tua yang tak memiliki nama besar sebagai tumpuannya.

Bukan tidak mungkin, Atalanta mampu memberikan kejutan lain dengan lolos ke Liga champions musim 2019/20 dan berhasil menyabet gelar juara Coppa Italia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia Lainnya Hanya di INDOSPORT