Bola Internasional

Raksasa Yunani Masuk Jajaran Elite Era Legendaris Arsenal dan Juventus

Senin, 6 Mei 2019 20:30 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© NurPhoto/Getty Images
Skuat PAOK FC saat melawan Basel di Toumba stadium. NurPhoto/Getty Images Copyright: © NurPhoto/Getty Images
Skuat PAOK FC saat melawan Basel di Toumba stadium. NurPhoto/Getty Images

INDOSPORT.COM - Jawara Liga Yunani, PAOK Thessaloniki, menjadi yang terbaru dalam barisan klub yang tak menelan kekalahan dalam satu musim liga, prestasi yang juga pernah ditorehkan Juventus dan Arsenal. 

Dalam 30 laga yang digelar di Super League Yunani musim 2018/19, PAOK berhasil membukukan 26 kemenangan dan 4 hasil imbang. 

Raihan ini membuat tim asuhan Razvan Lucescu sejajar dengan klub-klub papan atas Eropa lainnya yang pernah mendominasi liga dalam satu musim tanpa terjungkalkan. 

Mengutip Transfermarkt, PAOK adalah tim kesepuluh di benua Eropa yang berhasil mengukir prestasi tersebut dalam 28 tahun terakhir. 

Masih lekat di ingatan, superioritas Arsenal di Liga Primer Inggris pada musim 2003/04 dan dominasi Juventus di Serie A  Italia pada musim 2011/12. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

PAOK joins the undefeated champions club 🙌🏼🇬🇷 ——————————————————— #paok #celtic #gnk #fcporto #juventus #ajax #arsenal #arsenalfc #bjk #besiktas

A post shared by Transfermarkt (@transfermarkt_official) on

Menariknya, PAOK berhasil mencatatkan rasio kemenangan yang jauh lebih besar (86%) dibandingkan dengan Juventus (60%) dan Arsenal (68%). 

Sayangnya, kegemilangan The Black-Whites hanya terpusat pada ranah domestik. Perjalanan PAOK di Liga Europa musim ini harus terhenti di fase grup, di mana mereka menelan 5 kekalahan dan hanya meraih 1 kemenangan.

Hal itu bukti bahwa kualitas PAOK di kancah Eropa masih jauh dari mimpi.  

Penulis: Michael Tan

Baca berita sepak bola internasional dan olahraga lainnya di INDOSPORT.COM.