Bola Internasional

Seandainya Ada di Indonesia, Wasit Ini Mungkin Bisa Selamatkan Nyawa Choirul Huda

Selasa, 7 Mei 2019 09:35 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Besthqwallpapers
Logo Becamex Binh Duong Copyright: © Besthqwallpapers
Logo Becamex Binh Duong

INDOSPORT.COM - Kejadian horor di lapangan tidak hanya menimpa almarhum Choirul Huda. Seorang pemain Becamex Binh Duong pun mengalami insiden serupa dalam pertandingan Liga 1 Vietnam yang berlangsung pada Minggu (5/5/19) kemarin.

Becamex mendapatkan hasil imbang 2-2 saat melawan Hanoi dalam laga tersebut. Nahas, salah satu yang bernama Nguyen Thien Duc mengalami benturan dengan lawannya, Pepe Omar Faye di tengah-tengah laga.

Kedua pemain itu terlibat duel udara yang berakibat fatal. Thien Duc langsung ambruk sebelum tidak sadarkan diri dan terbaring di atas lapangan.

Melihat kondisi Thien Duc, wasit Ngo Duy Lan langsung melakukan aksi sigap untuk menyelamatkan nyawa si pemain. Dia pun berusaha membuka mulut Thien Duc untuk menarik lidahnya agar dapat tetap bernafas.

Setelah itu, para petugas medis bergegas menuju ke tengah lapangan untuk menangani kondisi Thien Duc. Nyawa sang pemain tertolong dan kini tengah menjalani pemulihan di rumah sakit setempat.

Kesigapan wasit Ngo Duy Lan patut diacungi jempol. Seandainya saja ia ada saat Choirul meregang nyawa pada 2017, mungkin saja kiper andalan sekaligus kapten terbaik sepanjang sejarah Persela Lamongan itu bisa tertolong.

Seperti yang telah diketahui, Huda meninggal dunia pada 15 Oktober 2017. Benturan tak sengaja dengan rekan setimnya, Ramon Rodrigues, mengenai bagian dada sehingga mengakibatkan nyawanya tak tertolong lagi.

Saat itu, Persela menjalani laga kandang kontra Semen Padang di ajang Liga 1 2017. Kepergian Huda meninggalkan luka mendalam di benak penikmat sepak bola Indonesia, terlebih suporter Persela, serta memaksa PSSI membenahi sistem penanganan medis dalam suatu pertandingan.

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Penulis: Katarina Erlita Candrasari

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT