Liga Indonesia

Berdasarkan Aturan FIFA, Bursa Transfer Indonesia Tinggal 3 Hari Lagi

Selasa, 7 Mei 2019 08:45 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Logo Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Bursa transfer pemain sepak bola di Indonesia tinggal menyisakan tiga hari lagi jika menilik pada website FIFA Transfer Matching Systems (FIFATMS). Jika merujuk pada website tersebut, para klub sepak bola Indonesia harus segera menyelesaikan proses perpindahan pemain, terutama pemain asing yang mereka inginkan.

Dalam website FIFATMS, bursa transfer di Indonesia dibuka pada (15/02/19) – (09/05/19). Dengan demikian, masih ada sedikit waktu jika ingin proses transfer pemain segera tuntas. Pasalnya jika melebihi hari itu bisa menyebabkan para pemain terutama pemain asing akan kesulitan didaftarkan secara resmi.

Untuk jendela bursa transfer putaran keduapun baru dibuka pada tanggal (19/08/19) – (16/09/19).

Pemain asing yang baru pertama kali main di Indonesia akan lebih banyak mengurus administrasi daripada pemain yang musim lalu bermain di Liga 1. Hal ini karena harus mengurus surat dari klub lama mereka.

Persija Jakarta menjadi contoh klub yang pernah merasakan dampak merekrut pemain ketika jendela bursa transfer di Indonesia belum dibuka pada awal musim ini. Macan Kemayoran tidak bisa memainkan beberapa pemain asingnya kala menghadapi kualifikasi Liga Champions Asia karena tidak disahkan oleh pihak AFC.

Dengan demikian, memang sudah sepatutnya klub Indonesia memperhatikan jadwal di FIFATMS tersebut jika ingin proses perekrutan pemainnya berlangsung beres. Pasalnya dalam merekrut pemain asing, ada beberapa hal dan regulasi yang diperhatikan untuk mengikuti aturan FIFA maupun aturan operator liga.

Terbaru, Persipura Jayapura harus mendepak dua pemain asingnya karena masalah administrasi dengan klub lamanya tidak berlangsung dengan baik dan harus segera memutar otak pencari pengganti pemain asing tersebut.

Untungnya, kemarin Mutiara Hitam langsung mendapatkan tandatangan Ibrahim Conteh sebagai salah satu pemain asing pengganti.

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM