Bola Internasional

Jejak 3 Pemain Asia Tenggara yang Berkiprah di LaLiga Spanyol

Selasa, 7 Mei 2019 13:40 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bergabungnya dua pemain sepak bola Indonesia, Helmy Putra Damanik dan Muhammad Reza Kusuma ke CD Cristo Atletico B di kompetisi sepak bola Spanyol memunculkan potensi besar.

Meski baru akan bermain di Tercera Division B (kasta keempat liga sepak bola Spanyol untuk tim cadangan/U-23) untuk musim 2019/20 mendatang, tak ada yang tahu jika suatu saat nanti mereka bisa menembus kompetisi LaLiga (kasta tertinggi liga sepak bola Spanyol).

Jika bisa bermain di kompetisi tersebut, mereka akan menjadi pemain Indonesia pertama yang merumput di LaLiga.

Namun, mereka tidak akan menjadi wakil Asia Tenggara pertama. Pasalnya, klub di LaLiga sendiri telah diperkuat oleh beberapa pemain Asia Tenggara yang berasal dari Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Berikut ini, INDOSPORT akan menjelaskan secara singkat mengenai para pemain Asia Tenggara yang pernah berkiprah di LaLiga Spanyol.

1. Teerasil Dangda

© Give Me Sports
Teerasil Dangda, salah satu dari tiga pemain Thailand yang direkrut Man City pada tahun 2007 Copyright: Give Me SportsTeerasil Dangda, salah satu dari tiga pemain Thailand yang direkrut Man City pada tahun 2007

Pada 21 Februari 2014, Dangda resmi menandatangani kontrak peminjaman satu musim oleh Almeria dan menjadi pemain Thailand pertama yang merumput di LaLiga. Ia melakoni debutnya melawan Espanyol pada 23 Agustus 2014 saat masuk menggantikan Fernando Soriano di menit ke-65.

Satu-satunya gol yang ia ciptakan di Spanyol ialah pada turnamen Copa del Rey. Ia mencetak satu gol ke gawang Real Betis dan membawa timnya memenangkan laga dengan skor 4-3. Namun, kariernya di Almeria hanya bertahan selama enam bulan setelah mencatatkan enam penampilan.

2. Natxo Insa

© Istimewa
Natxo Insa saat berseragam Valencia. Copyright: IstimewaNatxo Insa saat berseragam Valencia.

Meski lahir dan dibesarkan di Spanyol, Natxo memiliki paspor Malaysia berkat neneknya yang lahir di Negeri Jiran.

Saudara kandung dari mantan pemain Arema FC dan Bali United, Kiko Insa, ini pernah bermain untuk Valencia, Villarreal, dan Celta Vigo di kancah LaLiga sejak 2007 hingga 2013.

Pemain berposisi gelandang ini mencatatkan penampilan terbanyaknya bersama Celta (46) dengan torehan tiga gol. Sebelumnya, ia hanya bermain satu kali di kancah LaLiga bersama dua klub sebelumnya. Natxo sendiri kini memperkuat Johor Darul Ta’zim (JDT) di kasta teratas liga sepak bola Malaysia.

3. Gregorio Ameztoy

Nama ini bisa dibilang sangat asing di telinga pecinta sepak bola Spanyol. Pasalnya, pemain asal Filipina ini berkiprah di LaLiga bersama Real Zaragoza, Atletico Madrid, dan GImnastic Tarragona pada 1939 hingga 1948.

Selain Ameztoy terdapat dua nama pemain Filipina yang juga merumput sebelum tahun 1950, yakni Ignacio Larrauri (Athletic Bilbao; 1941/42) dan Julio Uriarte (Real Zaragoza; 1939-41, 1942/43).

Tiga nama Filipina yang berlaga di LaLiga ini cenderung wajar karena negara asal Asia Tenggara ini merupakan bekas jajahan Spanyol pada akhir abad ke-19.

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Ikuti Update Berita Sepak Bola LaLiga Spanyol Lainnya di INDOSPORT.COM