Liga Champions

Temukan Wijnaldum, Ada Andil Orang Sumatra di Balik Kemenangan Liverpool Atas Barcelona

Rabu, 8 Mei 2019 08:37 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum tengah bersinar usai membobol gawang Barcelona di semifinal leg kedua Liga Champions. Namun tak banyak yang tahu ternyata bakal Wijnaldum ditemukan orang kelahiran Sumatra Selatan.

Dua gol Wijnaldum dibukukan pada menit ke-54 dan ke-56. Gol-gol tersebut membuat para pemain Liverpool semakin yakin untuk bisa menambah gol.

Wijnaldum juga sukses menguasai lini tengah ketika meredam serangan-serangan Barcelona di leg kedua Liga Champions yang berlangsung di Anfield. Akhirnya Liverpool sukses mendulang kemenangan dan lolos.

Meski demikian, ternyata bakat Wijnaldum ditemukan oleh salah satu orang Indonesia bernama Kenneth Butter. Pria ini lahir pada 22 November 1957 di Plaju, Sumatra Selatan.

© Chris Brunskill/GettyImages
Sundulan berkelas dari gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum ke gawang Barcelona. Copyright: Chris Brunskill/GettyImagesSundulan berkelas dari gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum ke gawang Barcelona.

Kenneth merupakan pencari bakat untuk tim asal Belanda Sparta Rotterdam. Kenneth telah 20 tahun lebih bekerja sebagai pencari bakat di dunia sepak bola.

Awal Kenneth menemukan bakal Wijnaldum saat sang pemain berumur delapan tahun tengah bermain sepak bola di cabang amatir Akademi Sparta Rotterdam.

Kenneth menilai kalau penampilan Wijnaldum begitu mencolok dibanding rekan-rekan sebayanya. Bahkan Wijnaldum lebih gesit serta memiliki teknik sepak bola yang baik.

"Walaupun ukuran badannya lebih kecil dan kurus, tetapi ia sangat kuat," ujar Kenneth seperti dikutip situs resmi Liverpool berbahasa Indonesia, 2016 lalu.

© Jonger Oranje
Salah satu pencari bakat asal Indonesia, Kenneth Butter. Copyright: Jonger OranjeSalah satu pencari bakat asal Indonesia, Kenneth Butter.

Atas penampilan apik Wijnaldum pada pertandingan tersebut, Kenneth langsung mengikuti jejaknya. Bahkan dua tahun berselang Wijnaldum direkrut untuk bermain di akademi profesional Sparta Rotterdam.

Penampilan Wijnaldum dari waktu ke waktu semakin membaik. Hingga akhirnya ia berlabuh ke Liverpool usai ditebus dari Newcastle United senilai 25 juta poundsterling (Rp429 miliar) pada 2016 lalu.

Senang-senang Bareng The Jakmania

Terus Ikuti Update Georginio Wijnaldum dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.