Liga Champions

Era Baru! Final Liga Champions Tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Rabu, 8 Mei 2019 14:55 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Ekspresi hangat ditunjukkan oleh Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo saat sedang bertanding. Copyright: © Getty Images
Ekspresi hangat ditunjukkan oleh Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo saat sedang bertanding.

INDOSPORT.COM Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dipastikan absen di babak final Liga Champions 2018/19 pasca-kekalahan Barcelona di Stadion Anfield, Rabu (08/05/19).

Ini merupakan pertama kalinya salah satu dari kedua bintang pesepak bola dunia tersebut absen di partai final kompetisi kasta tertinggi Eropa sejak tahun 2013.

Dilansir dari situs Goal, sejak tahun 2013, baik Messi maupun Ronaldo pasti selalu tampil di partai final Liga Champions, di mana Messi tampil sekali di partai final Liga Champions 2014/15, sedangkan Ronaldo telah tampil sebanyak empat kali di final Liga Champions 2013/14, 2015/16, 2016/17 dan 2017/18.

Sejak tahun 2013, dominasi kedua bintang ternama pesepak bola tersebut di Liga Champions memang tak terbantahkan, terlebih lagi Ronaldo, dalam tiga musim berturut-turut ia sukses mempersembahkan trophy bergengsi kompetisi tertinggi Eropa tersebut.

Namun, di edisi Liga Champions 2018/19, pentolan Barcelona dan Juventus harus absen di partai final setelah klub yang mereka perkuat lebih dulu tersingkir sebelum mencapai partai final.

Bersama Juventus, Ronaldo sudah harus tersingkir lebih awal di babak perempatfinal. Mereka dikalahkan Ajax pada leg kedua yang diselenggarakan di Stadion Allianz, meskipun sempat imbang 1-1 pada leg pertama yang berlangsung di Amsterdam Arena.

Sedikit lebih beruntung dari Ronaldo, langkah Lionel Messi bersama Barcelona baru terhenti di babak semifinal oleh Liverpool. Unggul 3-0 di leg pertama, nyatanya tak bisa memberikan jaminan untuk pentolan Timnas Argentina tersebut bisa lolos ke partai final Liga Champions.

Aksi heroik anak asuh Jurgen Klopp membenamkan Barcelona dengan skor 4-0 pada pertandingan leg kedua yang diselenggarakan di Stadion Anfield, Rabu (08/05/19) dini hari tadi. Tumbangnya Barcelona ini pun sekaligus membuat Messi mengikuti jejak Ronaldo yang langkahnya sudah terhenti lebih dulu.

Partai final Liga Champions 2018/19 dapat dipastikan dimulainya sebuah era baru, tanpa Messi, tanpa Ronaldo. Final Liga Champions musim ini akan mempertemukan Liverpool dan pemenang pertandingan Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT