Liga Indonesia

Pesimistis VAR Digunakan di Liga 1, Bhayangkara Minta Ini ke LIB

Rabu, 8 Mei 2019 14:16 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Manajer Bhayangkara FC, Sumardji ditemui awak media saat latihan Timnas U-23. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Manajer Bhayangkara FC, Sumardji ditemui awak media saat latihan Timnas U-23.

INDOSPORT.COM - Gaung penggunaan Video Assistant Referee (VAR) memang diharapkan dapat segera diterapkan di kancah kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1. Namun meski begitu, sepertinya penggunaan tekhnologi VAR sulit dilakukan pada tahun ini.

Rasa pesimis itu datang dari manajer Bhayangkara FC, Sumardji. Bukan tanpa alasan Sumardji ragu VAR dapat diterapkan di Liga 1 musim ini.

Sebab bagi pria berpangkat AKBP di kepolisian ini perlu waktu untuk belajar mengoperasikan VAR. Dan waktu itu tidak cukup di Liga 1 2019 yang segera melakukan kick off pada 15 Mei mendatang.

"Kalau saya tidak yakin bisa di musim 2019 ini untuk VAR digunakan. Karena perlu waktu untuk belajar mengoperasikannya," ucap Sumardji kepada INDOSPORT.

"Mungkin di tahun berikutnya kita baru bisa menerapkan VAR," jelas ia.

Namun meski belum bisa diterapkan di tahun ini, Sumardji memberikan masukan untuk operator Liga 1. Dia meminta operator dapat menyiapkan monitor tv untuk membantu wasit mengambil keputusan.

"Kalau tahun ini untuk mencari solusi adanya kebuntuan wasit dalam mengambil keputusan yang ragu-ragu panpel wajib menyiapkan alat lain. Bisa TV monitor besar di setiap pertandingan di tempatkan di stadion yang mudah di akses oleh wasit dan perangkatnya," tutup Sumardji.

Seneng-seneng Bareng The Jakmania