Liga Indonesia

Liga Amatir di Bandung Pastikan Gunakan Teknologi Ala Liga Primer Inggris dengan Kearifan Lokal

Sabtu, 11 Mei 2019 16:49 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola amatir Bandung Premier League (BPL) semakin menunjukkan keseriusannya dalam menggelar pertandingan. Kini, BPL telah menyiapkan teknologi pendukung pertandingan layaknya Liga Primer Inggris.

Pada musim ketiga yang bakal digelar tahun 2019 ini, BPL bakal menggunakan teknologi garis gawang atau disebut juga dengan Goal Line Technology dengan kearifan lokal alias karya anak negeri.

Penggunaan teknologi yang bisa menentukan masuk atau tidaknya bola ke dalam gawang itu sudah diumumkan oleh pengelola BPL.

“BPL Season 3 resmi akan terapkan Goal Line Technology. Saya gunakan teknologi itu untuk mengurangi kesalahan yang terjadi di lapangan. Tentunya untuk VAR sudah pasti,” kata CEO Bandung Premier League Doni Setiabudi, atau akrab disapa Jalu.

Hebatnya lagi, teknologi garis gawang yang bakal digunakan pada kompetisi sepak bola BPL musim ketiga merupakan hasil karya anak negeri alias asli buatan Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bandung Premier League (@bandungpremierleague) on

Di kompetisi sepak bola Eropa, Goal Line Technology mulai diperkenalkan di kompetisi Liga Primer Inggris pada musim 2013/2014 lalu. Teknologi tersebut menggunakan tujuh kamera yang diletakkan di gawang untuk mendeteksi bola apakah sudah melewati garis gawang atau belum.

Teknologi garis gawang di BPL merupakan teknologi canggih kedua yang digunakan dalam kompetisi sepak bola komunitas masyarakat Kota Bandung tersebut. Sebelumnya, BPL juga sudah menggunakan teknologi Video Assistant Referee atau VAR yang mulai digunakan pada awal tahun 2019.

Terus Ikuti Berita Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM