Bola Internasional

Resmi Pensiun, Yaya Toure Berpeluang Jadi Pelatih Klub Rusia

Sabtu, 11 Mei 2019 17:44 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Yaya Toure saat masih berseragam Manchester City sebelum pindah ke Olympiacos. Catherine Ivill-AMA/Getty Images. Copyright: © Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Yaya Toure saat masih berseragam Manchester City sebelum pindah ke Olympiacos. Catherine Ivill-AMA/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Eks Manchester City, Yaya Toure, resmi pensiun setelah 17 tahun berkarier di kancah sepak bola internasional dan siap menyambut peluang menjadi pelatih di Rusia.

Dilansir dari The Sun, Toure yang juga pernah berseragam Barcelona itu telah memenangkan 13 trofi bergengsi baik saat bermain di Yunani, Spanyol, maupun Inggris.

Dia tiba di Manchester City pada 2010 dan merupakan salah satu katalisator bagi kesuksesan domestik The Citizen selama satu dekade terakhir. Ia mencetak 79 gol dalam 316 penampilan sebelum hengkang ke Olympiacos musim lalu.

Bersama negaranya, Toure memandu tim nasional Pantai Gading-nya ke Piala Afrika pada 2015 dan dinobatkan sebagai Pemain Sepak Bola Afrika Terbaik empat kali berturut-turut mulai tahun 2011 sampai dengan 2014.

Sang agen, Dimitri Seluk, mengonfirmasi soal pensiunnya Toure kemarin dan mengatakan kliennya membuka peluang untuk melatih tim sepak bola, terutama di Rusia.

“Dalam sepak bola, penting untuk datang dan pergi dengan kepala tegak. Pada usia 18, Yaya tidak diketahui siapa pun, ia memulai takdir sepak bola dari nol, tiba di Belgia, dan kemudian pergi ke Ukraina," ungkap Seluk.

“Saya yakin bahwa dua tahun setelah Yaya mendapatkan lisensi kepelatihan Pro, ia akan melatih salah satu klub dan meraih sukses besar. Sekarang dia sudah mulai mengambil langkah ke arah ini," tambahnya.

Ini mungkin saatnya bagi Toure untuk kembali memulai kariernya dari nol sebagai pelatih sepak bola. Seluk juga cukup yakin Toure mampu bekerja dengan baik karena telah bermain di klub-klub besar dunia.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM