Liga Indonesia

Federasi Sepak Bola Inggris Akan Bantu Benahi 'Permasalahan' Wasit Indonesia

Minggu, 12 Mei 2019 18:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat menghadiri pembukaan Elite Pro Academy Liga 1 Indonesia U-16 musim 2019 di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (19/04/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat menghadiri pembukaan Elite Pro Academy Liga 1 Indonesia U-16 musim 2019 di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (19/04/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria memastikan jika federasi sepak bola Inggris, FA akan membantu Badan Independen Wasit Profesional Indonesia menyelesaikan permasalahan soal kinerja pengadil lapangan.

FA melalui Professional Game Match Official Limited (PGMOL) akan bekerja sama lebih intens dengan PSSI terkait manajemen wasit.

PGMOL akan mengirimkan perwakilannya ke PSSI untuk menjadi Referee Technical Director dan juga Referee Assessor.

"Fokus kerja sama di Referee ada pada Elite Referee dan wasit liga profesional Indonesia," jelas Tisha yang belum lama ini bertemu CEO/Sekjen The FA, Martin Glenn.

Belum lama ini, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2019 mengonfirmasi akan membentuk badan independen wasit untuk diterapkan di kompetisi musim ini. Kesepakatan itu diambil saat manajer meeting pada Selasa (07/05/19) lalu di Jakarta.

Direktur PT LIB, Dirk Soplanit mengatakan ide pembentukan badan ini bukan datang dari PT LIB saja, tetapi sudah berkonsolidasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mencari solusi permasalahan keputusan wasit yang sering dianggap menimbulkan kontoversi.

Nanti badan independen ini dikelola oleh tenaga asing dan dibantu oleh tim di Indonesia tanpa campur tangan PSSI maupun PT LIB.

"Akan ada badan independen untuk mengelola wasit jadi tidak lagi dikelola PSSI ataupun lainnya. Memang exco (komite eksekutif PSSI) sudah ambil keputusan. Nanti dibentuk organisasinya, ada komisionernya dan saat ini dalam tahap pembicaraan. Pengelolanya dari tenaga asing mungkin dari Inggris," kata Dirk.

Unboxing Adidas Harden Vol 3 Iron Man

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%