Liga Indonesia

Termasuk Persib Bandung, 3 Klub Liga 1 Masih Dipusingkan Pemain Naturalisasi

Minggu, 12 Mei 2019 13:07 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dibanding Fabiano Beltrame 3 bek lokal yang seharusnya gabung Persib. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dibanding Fabiano Beltrame 3 bek lokal yang seharusnya gabung Persib.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019, bakal digelar kurang dari empat hari lagi. Namun sejumlah klub masih dipusingkan dengan persoalan pemain naturalisasi. 

Pemain naturaliasasi mendadak menjadi tren bagi klub-klub Liga 1. Klub-klub mendatangkan pemain naturalisasi demi bisa memiliki 'pemain asing' di luar kuota yang sudah ditentukan. 

Namun, mengurus proses naturalisasi tak semudah yang dikira. Sejumlah klub pun kini tengah berpacu dengan waktu untuk menentukan nasib calon pemain naturalisasinya.  

Setidaknya ada tiga klub yang masih dibuat harap-harap cemas dengan hal ini. Siapa-siapa saja klub tersebut? Berikut ulasannya.

1. Persib Bandung (Fabiano Beltrame)

Persib Bandung jadi klub besar yang juga ingin menggunakan jasa pemain naturalisasi. 

Pangeran Biru belum lama ini mendatangkan mantan bek Madura United, Fabiano Beltrame. Namun, hingga batas penutupan pendaftaran pemain asing, sang pemain belum juga menjadi WNI. 

Padahal, Maung Bandung telah memenuhi kuota empat pemain asingnya. Mereka pun kini sedang berkejaran dengan waktu karena pendaftaran pemain lokal bakal ditutup tanggal 22 Mei. 

2. PSIS Semarang (Silvio Escobar)

Jangan salah, datangnya Escobar ke PSIS bukanlah untuk menenuhi kuota pemain asing. Tim Mahesa Jenar diketahui telah memenuhi empat kuota pemain asingnya, yakni Patrick Silva Mota, Claudir Marini Jr, Wallace Costa, dan Shohei Matsunaga.

Escobar pun jelas diharapkan datang sebagai pemain naturalisasi. Masalahnya, proses naturalisasi sang pemain belum menemui kejelasan. PSIS pun masih berharap status WNI Escobar rampung sebelum menurunkannya di Liga 1 2019. 

3. Persebaya Surabaya (Otavio Dutra)

Sampai saat ini bek asing Persebaya, Otavio Dutra, belum resmi menjadi WNI. Walau begitu, ia sempat dipanggil pemusatan latihan Timnas Indonesia sebelum akhirnya dipulangkan lagi untuk mengurus proses naturalisasinya. 

Persebaya pun kini tengah mengupayakan proses naturalisasi Dutra sambil berpacu dengan batas penutupan pendaftaran pemain lokal pada 22 Mei nanti. 

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM