Liga Indonesia

Komedian Rudy Djamil Ternyata Sempat Kritik Persib di Liga Indonesia

Senin, 13 Mei 2019 08:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Indosport/Yooan Rizky Syahputra
Logo Persib Bandung. Copyright: © Indosport/Yooan Rizky Syahputra
Logo Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Komedian Rudy Djamil yang tutup usia pada Minggu (12/5/19) malam ternyata pernah melontarkan kritik terhadap kiprah Persib Bandung di Liga Indonesia.

Kritikan tersebut terjadi pada edisi 2013 lalu, di mana ia meminta Persib untuk berubah dalam banyak hal, terutama kebiasaan memanjakan pemain dengan menyajikan secara detail kontrak dengan pemain. Hal itu dimaksudkan agar mereka tetap loyal.

"Saya lihat dulu Persib itu bisa berprestasi karena seluruh pemainnya memiliki motivasi, solidaritas, obsesi, persatuan, dan loyal. Jangan lihat masa lalu, tapi menatap masa depan," jelas Rudy di Bandung, November 2013.

Lebih lanjut, Rudy juga menambahkan kalau pemain mesti memenuhi kontrak yang telah disepakati. Misalkan dalam semusim mesti mencetak berapa gol atau kesepakatan lain.

© Arief Rachmat/YouTube
Komedian dari Jawa Barat Rudy Djamil yang sempat mengkritik Persib Bandung pada 2013. Copyright: Arief Rachmat/YouTubeKomedian dari Jawa Barat Rudy Djamil yang sempat mengkritik Persib Bandung pada 2013.

"Jika tidak memenuhi perjanjian, maka harus ada sanksi-sanksi yang sebelumnya tertuang dalam kontrak,” ujar Rudy.

Bukan tanpa sebab Rudy mengutarakan kritikannya itu. Dia menganggap Persib sebagai klub profesional atau sebuah perusahaan di Indonesia yang mengelola sepak bola.

"Mesti ada keberanian dari perusahaan. Jangan ada pemain yang cuma jadi penghangat bangku cadangan. Sebab kalau dari kaca mata perusahaan sangat merugikan," tandas Rudy.

Pada edisi 2013, Persib berhasil finis diperingkat keempat klasemen Liga Super Indonesia (LSI) dengan mengemas 63 poin. Tahun itu yang menjadi juaranya adalah Persipura Jayapura.

© sidomi.com
Skuat Persib Bandung 2013. Copyright: sidomi.comSkuat Persib Bandung 2013.

Komedian asal Jawa Barat ini meninggal dunia dalam usia 73 tahun di rumah sakit Bandung. Namun belum diketahui penyebab wafatnya Rudy Djamil.

Almarhum juga merupakan sosok yang memberikan nama panggung Iwan Fals kepada musisi kawakan beraliran balada, Virgiawan Listanto, pada sebuah acara.

Rully Nere Pusing Ada Timnas Wanita Mendadak Hamil

Terus Ikuti Update Persib Bandung dan Sepak bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%