Liga Indonesia

Menerawang Kiprah Striker Afrika di Liga 1 2019, Bisa Samai Trio Top Skor Liga Primer Inggris?

Senin, 13 Mei 2019 16:07 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Striker Persebaya, Amido Balde (kiri putih) mendapat pengawalan dari pemain Arema FC, Makan Konate (Fitra Herdian/INDOSPORT). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Striker Persebaya, Amido Balde (kiri putih) mendapat pengawalan dari pemain Arema FC, Makan Konate (Fitra Herdian/INDOSPORT).

INDOSPORT.COMLiga Primer Inggris 2018/19 telah berakhir. Untuk pertama kalinya, puncak daftar top skor sepanjang musim diraih oleh 3 pemain asal Afrika. Bakal segera belangsung setelah Liga Inggris berakhir, mampukah striker Afrika juga berprestasi di kompetisi sepak bola Indonesia, yakni Liga 1 2019?

Ketiga sosok ‘Black Panther’ tersebut ialah Pierre-Emerick Aubameyang, Sadio Mane, dan Mohamed Salah. Ketiganya masing-masing berhasil mencetak 22 gol.

Prestasi yang diukir Aubameyang, Mane, dan Salah mengalahkan Sergio Aguero, Jamie Vardy, dan Harry Kane sebagai predator ganas di daratan Eropa.

Gaya bermain klub Liga Primer Inggris yang mengandalkan intensitas kecepatan dan fisik yang tinggi sangat cocok dengan tipikal pemain Afrika.

Sama seperti di Indonesia, Liga 1 juga mengutamakan kekuatan lari dan ketahanan tubuh. Cuaca yang terik juga menutut pemain punya stamina yang kuat.

Ada banyak striker asal Afrika yang berkiprah di Liga 1. Pada kompetisi Shopee Liga 1 2019 nanti, ada 4 striker Benua Hitam yang siap unjuk gigi, yakni Ezechiel N’Douassel, Amido Balde, Mamadou Samassa, dan Karl Max Barthelemy.

Ezechiel dan Samassa sudah pernah merasakan atmosfer sepak bola Indonesia, sementara Balde dan Barthelemy baru akan menjalani debut di Liga 1. Bagaimana kiprah striker-striker asal Afrika ini di Liga 1 nanti?