Liga Inggris

Sejarah Tercipta, Duo Liverpool dan Trio Afrika Puncaki Daftar Top Skor Liga Primer Inggris

Senin, 13 Mei 2019 05:28 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris

INDOSPORT.COM - Laga pekan ke-38 atau akhir dari perhelatan kompetisi Liga Primer Inggris musim 2018/19 sudah menobatkan Manchester City sebagai sang juara, dengan mengemas 98 poin setelah unggul 1-4 di markas Brighton Hove Albion, di Stadion Falmer pada Minggu (12/5/19).

Disaat bersamaan, Liverpool yang juga memburu kemenangan untuk menjadi juara berhasil mengalahkan tamunya, Wolverhampton Wanderers dengan skor 2-0 di Anfield Stadium.

Sayang, kemenangan tersebut tak bisa mengantarkan pasukan Jurgen Klopp ke tangga juara karena mengoleksi 97 poin, atau kalah satu poin dari City.

Meski gagal menghapus puasa gelar selama 29 tahun, Liverpool tetap mencatatkan sejarah baru di Liga Inggris. Duo penyerangnya yakni Mohammed Salah dan Sadio Mane sukses memuncaki daftar pencetak gol terbanyak dengan 22 gol.

Ini adalah catatan pertama kalinya dalam sejarah Liga Inggris, dimana belum pernah ada satu klub yang menempatkan dua pemainnya di daftar pencetak gol terbanyak dalam satu musim.

Bersama dengan striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang yang juga mengoleksi 22 gol, Mane dan Salah juga membuat sejarah baru sebagai trio pemain Afrika yang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak.

Pencapaian ini juga menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah Liga Inggris, sejak pertama kali digelar pada 1888-1889 hingga era baru Liga Primer Inggris yang dimulai sejak 1992 silam.

Sementara itu, Liga Primer Inggris sendiri terakhir kali memiliki tiga pemain yang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di musim 1998/1999.

Kala itu, Jimmy Floyd Hasselbaink (Leeds United), Michael Owen (Liverpool) dan Dwight Yorke (MU) sama-sama mengoleksi 18 gol.

1