Liga Indonesia

Tak Kalah Bergengsi, 5 Klub Liga 2 2019 Diasuh Pelatih Berlabel Timnas Indonesia

Senin, 13 Mei 2019 16:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo Liga 2 Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 2 Indonesia.

INDOSPORT.COM - Kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia, Liga 2 2019, ternyata menghadirkan satu fakta menarik. Sejauh ini, terdapat lima klub yang dilatih oleh eks timnas Indonesia.

Sejumlah eks timnas Indonesia pasca-pensiun dari dunia sepak bola banyak yang beralih profesi menjadi komentator, pengusaha, pegawai, pengurus klub, hingga pelatih.

Menjadi pelatih pun butuh lisensi agar bisa menangani klub profesional sesuai peraturan yang berlaku. Label mantan pemain Timnas Indonesia tentu membuat klub pengontrak berharap banyak.

Apalagi mereka direkrut oleh klub-klub Liga 2 2019 yang notabene mematok target promosi ke kasta teratas sepak bola nasional. Tentu saja tak mudah untuk menggapai hal tersebut. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Kas Hartadi

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi (kiri) dan pelatih kiper, Ferry Rotinsulu. Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTPelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi (kiri) dan pelatih kiper, Ferry Rotinsulu (kanan).

Nama Kas Hartadi sudah tidak asing di dunia sepak bola nasional. Sosoknya melambung usai menukangi Sriwijaya FC dan meraih beberapa gelar juara bergengsi.

Perlu diketahui Kas Hartadi merupakan eks penggawa timnas Indonesia 1987-1991 dengan mengemas sembilan penampilan. Kini dirinya kembali dipercaya menukangi peserta Liga 2 2019, Sriwijaya FC.

2. Abdul Rahman Gurning

© matatelinga.com
Pelatih PSMS Medan, Abdul Rahman Gurning. Copyright: matatelinga.comPelatih PSMS Medan, Abdul Rahman Gurning.

Kemudian ada Abdul Rahman Gurning yang juga merupakan mantan pemain Timnas Indonesia era 1986. Kala itu dia berposisi sebagai gelandang dan bek.

Kini ia dipercaya untuk menangani PSMS Medan di Liga 2 2019. Tim yang notabene pernah bela dibela oleh pelatih 61 tahun ini ketika masih aktif bermain dulu. Bisa dibilang Abdul Rahman dan PSMS sudah sehati.

3. Salahudin

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Salahudin, pelatih Madura FC. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSalahudin, pelatih Persiba Balikpapan.

Lalu ada nama Salahudin yang mungkin terdengar asing bagi penggemar sepak bola nasional. Namun siapa sangka kalau ia merupakan eks personel timnas Indonesia 1989-1994 silam.

Pelatih yang dulunya bermain di posisi bek ini sekarang menangani Persiba Balikpapan. Terlebih Persiba telah dimiliki oleh investor baru, yakni Gede Widiade.

4. Bonggo Pribadi

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Bonggo Pribadi Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPelatih Blitar United, Bonggo Pribadi

Bonggo Pribadi juga merupakan salah sstu pelatih yang pernah mengenakan seragam Timnas Indonesia. Hal itu terjadi pada 1985 silam dan Bonggo berposisi sebagai bek.

Pelatih kelahiran Surabaya 50 tahun lalu ini sekarang menangani Blitar United di Liga 2 2019. Pada musim lalu ia mampu membawa Blitar United finis di urutan ketujuh wilayah timur dengan mengoleksi 31 angka.

5. Widodo Cahyono Putro

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Widodo Cahyono Putro resmi diperkenalkan Persita Tangerang sebagai pelatih barunya Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTWidodo Cahyono Putro resmi diperkenalkan Persita Tangerang sebagai pelatih barunya.

Terakhir ada nama yang tidak asing lagi di kancah sepak bola nasional, yakni Widodo Cahyono Putro. Ia merupakan mantan pilar timnas Indonesia periode 1991-1999 yang pernah mencetak gol salto spektakuler ke gawang Kuwait di Piala Asia 1996.

Widodo sempat menangani Bali United selama dua musim (2017-2018). Namun sekarang, pemain terbaik Liga Indonesia 1994/95 ini mencari tantangan baru dengan menukangi klub Liga 2 2019, Persita Tangerang.

Rully Nere Pusing Ada Timnas Wanita Mendadak Hamil

Terus Ikuti Update Liga 2 2019 dan Sepak bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT