Liga Indonesia

Termasuk Eks Persib, 4 Pelatih Bermental Juara Ini Tangani Klub Liga 2 2019

Jumat, 10 Mei 2019 11:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© liga-indonesia.id
Logo Liga 2. Copyright: © liga-indonesia.id
Logo Liga 2.

INDOSPORT.COM - Kasta kedua rupanya tak kalah menarik dari Liga 1. Sejauh ini, terdapat empat pelatih sarat prestasi dan bermental juara yang diketahui menangani klub-klub Liga 2 2019.

Menurut Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit, Liga 2 2019 rencananya akan mulai dimainkan pada 15 Juni mendatang. Peserta terdiri dari 23 klub minus PSMP Mojokerto Putra yang dijatuhi hukuman oleh Komdis PSSI akibat terlibat match fixing.

Diprediksi, format Liga 2 2019 masih akan menggunakan dua wilayah seperti musim lalu, yakni timur dan barat. Para peserta akan berjuang untuk mendapatkan tiga tiket promosi ke Liga 1 2020 nantinya.

Maka dari itu, untuk memuluskan langkah naik kasta, para kontestan pun merombak jajaran pelatih dan pemain dengan mendatangkan yang lebih berkualitas dan bermental pemenang.

© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 2 2019. Copyright: Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORTIlustrasi logo Liga 2 2019.

Terlebih jika klub peserta ditangani seorang pelatih yang pernah merasakan gelar juara, tentu kapasitasnya tak perlu diragukan lagi. Tinggal bagaimana sang pelatih bisa mengulang kesuksesan masa lalu.

Berikut deretan pelatih yang pernah merasakan gelar juara bersama sebuah klub dan kini mereka menangani tim-tim di Liga 2 2019.

1. Salahudin

© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Salahudin, saat latihan menjelang kontra Persija di SUGBK (04/09/14). Copyright: Ratno Prasetyo/ INDOSPORTEks pelatih Barito Putera, Salahudin, saat latihan menjelang kontra Persija di SUGBK (04/09/14).

Nama pelatih Salahudin mungkin masih asing ditelinga penggemar sepak bola nasional. Akan tetapi ia merupakan mantan pemain sepak bola berprestasi pada masanya.

Salahudin pernah menjadi bagian Timnas Indonesia yang meraih medali emas di SEA Games 1991 silam. Kemudian juara Divisi II 2006/07 bersama Persepar Palangkaraya.

Lalu merebut gelar Divisi II dan Divisi Utama dengan Barito Putera (2008/09 dan 2011/12). Kini Salahudin menukangi Persiba Balikapan di Liga 2 2019.

2. Kas Hartadi

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Pelatih Kepala SFC Kas Hartadi ternyata mengaku sengaja menyisakan enam kursi kosong menanti pemain berkualitas. Foto: Muhammad Effendi/INDOSPORT Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTPelatih Kepala SFC Kas Hartadi ternyata mengaku sengaja menyisakan enam kursi kosong menanti pemain berkualitas. Foto: Muhammad Effendi/INDOSPORT

Selanjutnya ada pelatih kawakan di kancah sepak bola nasional, yaitu Kas Hartadi. Sejumlah klub Indonesia pernah ditangani olehnya dan ada yang pernah merasakan gelar juara.

Kas Hartadi tercatat pernah membawa Sriwijaya FC menjuarai Liga Super Indonesia (LSI) 2011/12. Dia juga menjadi bagian timnas Indonesia yang menyabet medali emas di Manila, Filipina pada ajang SEA Games 1991.

Kini, Kas Hartadi diminta untuk membawa Sriwijaya FC kembali promosi ke Liga 1, seperti yang dilakukannya ketika mengantarkan Kalteng Putra ke Liga 1 musim lalu.

3. Widodo Cahyono Putro

© Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Persita, Widodo Cahyono Putro. Copyright: Ian Setiawan/Indosport.comPelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro.

Berikutnya ada pelatih Widodo C. Putro yang juga menjadi juru taktik bermental juara di Liga 2 2019. Widodo dipercaya menangani Persita Tangerang untuk promosi.

Prestasi atau gelar yang dirasakan Widodo sebelum jadi pelatih adalah membawa timnas Indonesia menyabet medali emas SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Kemudian pelatih asal Cilacap, Jawa Tengah ini juga pernah merasakan gelar juara sebagai pemain saat membela Persija Jakarta (2001) dan Petrokimia Putra (2002). 

4. Vladimir Vujovic

© Instagram/@bogor.fc
Pelatih PSIM Yogyakarta Vladimir Vujovic. Copyright: Instagram/@bogor.fcPelatih PSIM Yogyakarta Vladimir Vujovic.

Terakhir adalah eks Persib Bandung (2014-2017) Vladimir Vujovic yang menjadi salah satu pelatih berprestasi dan bermental juara. Karena ia pernah merasakan hal tersebut ketika masih menjadi pemain.

Beberapa gelar semacam LSI 2014, Piala Presiden 2015, Piala Montenegro 2008, Liga Lebanon 2011/12, dan Piala Super Lebanon 2012 pernah dirasakannya.

Kini Vujovic akan berkiprah sebagai pelatih dengan menahkodai klub Liga 2 2019, PSIM Yogyakarta. Dia pun bertekad membawa Laskar Mataram yang bermaterikan pemain-pemain berkualitas ini promosi ke Liga 1 musim depan.

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Terus Ikuti Update Liga 2 2019 danSepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT