Liga Indonesia

Hati-hati Bobotoh, Persib Tak Pernah Menang di Laga Perdana Liga 1

Selasa, 14 Mei 2019 20:05 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Gita Agiet/INDOSPORT
Ezechiel N'Douassel, tertunduk di laga Persib Bandung melawan Semen Padang. Copyright: © Gita Agiet/INDOSPORT
Ezechiel N'Douassel, tertunduk di laga Persib Bandung melawan Semen Padang.

INDOSPORT.COM – Kontestan Liga 1 2019, Persib Bandung nyatanya memiliki catatan buruk ketika bermain di pekan pertama kasta teratas sepak bola Indonesia. Karena Maung Bandung tak pernah menorehkan kemenangan dalam laga awal di dua musim terakhir.

Catatan yang terbilang cukup buruk ini terjadi ketika kompetisi sepak bola Indonesia mengalami perubahan nama, yakni menjadi Liga 1. Setelah mengalami masalah internal yang membuat PSSI dibekukan FIFA, kompetisi sepak bola nasional akhirnya baru diizinkan bergulir pada 2017 lalu.

Persib yang digadang-gadang bakal menjadi kandidat juara Liga 1 2017, nyatanya harus memulai musim dengan cukup sulit. Wajar, saat itu Persib jor-joran dengan merekrut Michael Essien dan Carlton Cole.

Namun dua pemain ternama di dunia tersebut tak mampu membawa Persib menjadi tim yang ditakuti di Liga 1. Bahkan tim yang juga mendapatkan julukan Pangeran Biru tersebut gagal meraih kemenangan dalam dua laga awal.

Pada pertandingan pertama, Persib harus menghadapi Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Bermain di depan pendukung sendiri, Persib tak mampu menampilkan permainan maksimal.

Persib dan Arema pun terpaksa berbagi poin setelah menyelesaikan pertandingan hasil imbang 0-0. Hasil ini nyatanya terbilang tidak begitu buruk, mengingat lawan mereka juga tak bisa dipandang sebelah mata.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi pertandingan Persib Bandung vs Arema FC. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSituasi pertandingan Persib Bandung vs Arema FC di Liga 1 2017 lalu.

Namun di laga kedua, Maung Bandung juga tak mampu meraih kemenangan. Tim yang saat itu dilatih Djajang Nurdjaman tersebut kembali gagal meraih poin sempurna setelah bermain imbang 2-2 ketika bertandang ke markas PS TIRA.

Meski akhirnya menang di laga ketiga melawan Sriwijaya FC (2-0), namun Persib justru harus mengakhiri musim dengan tragis. Karena mereka terlempar dari 10 besar dan hanya finis di peringkat ke-13 dengan raihan 41 poin.

Pada musim selanjutnya, Persib juga tak mampu meraih kemenangan di pertandingan perdana Liga 1. Meski pada musim itu Persib sudah dilatih pelatih anyar, yakni Mario Gomez, namun mereka juga tak mampu mengakhiri rekor buruknya di pekan perdana.

Persib kembali bermain imbang 1-1 ketika bermain menghadapi PS TIRA di depan ribuan Bobotoh. Awalnya, Persib sudah unggul 1-0 terlebih dahulu lewat gol Ezechiel N’Douassel hingga pertandingan memasuki menit ke-90.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Situasi pertandingan Persib Bandung vs PS TIRA. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSituasi pertandingan Persib Bandung vs PS TIRA di Liga 1 2018 lalu.

Namun sayangnya kemenangan Persib di depan mata buyar usai Aleksandar Rakic mencetak gol di menit ke-90+5. Penyerang asing yang akhirnya menjadi top skor Liga 1 2017 itu menambah catatan buruk Persib di laga perdana.

Parahnya, Persib harus menelan kekalahan di pertandingan kedua saat bertandang ke markas Sriwijaya. Supardi Nasir dan kawan-kawan dipaksa menyerah 1-3 dengan skuat Sriwijaya yang masih bertabur bintang.

Namun seiring berjalannnya waktu, Persib kembali bangkit berkat kejeniusan Mario Gomez. Karena pelatih asal Argentina itu berhasil membawa Persib ke papan atas dan sempat menjadikannya sebagai juara paruh musim.

Pada Liga 1 musim 2019, Persib harus berhadapan dengan salah satu tim kuat, yakni Persipura Jayapura. Kini harapan baru untuk memecah rekor buruk di laga pertama datang ketika Robert Rene Alberts diresmikan sebagai pelatih Persib.

Mantan pelatih PSM Makassar tersebut diharapkan bisa membawa Persib memulai musim dengan baik. Apalagi Rene Alberts selalu meraih kemenangan di laga perdana dalam dua musim terkahir. Saat itu PSM sukses mengalahkan Persela 3-1 (Liga 1 2017) dan PSIS Semarang 2-0 (Liga 1 2018).

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Terus Ikuti Sepak bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT