Liga Indonesia

Kenal Lebih Dekat Shafira Ika Putri, Pesepak Bola Wanita Asal Surabaya

Selasa, 14 Mei 2019 21:35 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Shafira Ika Putri saat mengikuti seleksi Timnas Putri Indonesia di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo pada Selasa (14/5/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Shafira Ika Putri saat mengikuti seleksi Timnas Putri Indonesia di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo pada Selasa (14/5/19).

INDOSPORT.COM - Kota Pahlawan boleh dibilang menjadi salah satu gudang pemain-pemain sepak bola berbakat dari semua level. Salah satunya berkontribusi dalam menyumbangkan pemain-pemain hebat sebagai penggawa Timnas Indonesia.

Memang kontribusi dari Kota Surabaya dalam menyumbangkan pemain level timnas masih didominasi oleh kaum adam. Namun siapa sangka dari itu semua ada juga pemain sepak bola putri yang juga punya skill mumpuni dan dilirik oleh tim pelatih Timnas Putri Indonesia.

Pemain itu bernama Shafira Ika Putri. Dara berusia 16 tahun itu tampak semangat mengikuti arahan dari tim pelatih Timnas Putri Indonesia yang berlangsung, Selasa (14/05/19) sore, di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo.

Ika sapaannya, juga mengaku senang bisa menjadi bagian dan ikut seleksi bersama pemain-pemain Timnas Putri Indonesia yang lain. Rasa senang Ika itu bertambah lantaran lokasi seleksi tidak terlampau jauh dari tempat tinggalnya di Surabaya.

"Lokasinya mendukung banget dengan rumah karena bisa dekat dengan orang tua. Mereka juga kesini (Lapangan Jenggolo), untuk langsung mendukung saya," kata Ika. 

Lebih lanjut, Ika menuturkan minat besarnya kepada olahraga sepak bola ini ternyata berkat sang ayah. Ya, ayah Ika ternyata pelatih di salah satu tim internal Persebaya Surabaya, HBS.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by I K A (@shafiraikaputri13) on

Keputusannya menjadi pemain sepak bola khususnya seperti Ika menjadi suatu tantangan tersendiri lantaran ketika dirinya berlatih, hanya Ika sendiri yang perempuan selebihnya laki-laki. 

"Saya pernah latihan dengan klub internal Persebaya, sudah lama sekali sih. Di sana saya latihan sama cowok-cowok, kalau tidak ada TC saya selalu latihan dengan mereka," ungkapnya.

Meskipun menjadi minoritas di sana, tak membuat Ika patah arang. Justru hal ini dijadikan semangat motivasinya untuk menunjukkan semangatnya berlatih untuk bisa menjadi pemain sepak bola.

Keuletannya pun membuahkan hasil dengan beberapa prestasi yang pernah dia sabet sebagai pemain sepak bola putri. Beberapa di antaranya juara Piala Nusantara di Jepara 2017.

Ketika itu, Ika membela tim sepak bola Bangka Belitung, setahun kemudian Ika mendapatkan panggilan Timnas Putri U-16 pada ajang Piala AFFU-16 dan dia didapuk sebagai kapten.

Geledah Stadion Persitara Bareng Pentolan NJ Mania

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM