Bola Internasional

Bertikai dengan Persib, Chonburi Sempat Punya Hubungan Spesial dengan Man City

Rabu, 15 Mei 2019 14:38 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© givemesport.com
Dua pemain Chonburi FC saat direkrut Manchester City Copyright: © givemesport.com
Dua pemain Chonburi FC saat direkrut Manchester City

INDOSPORT.COM – Nama klub asal Thailand, Chonburi FC baru-baru ini menjadi buah bibir pecinta sepak bola Indonesia. Itu terjadi ketika fans Chonburi mengejek jersey anyar klub Liga 1 2019, Persib Bandung.

Fans Chonburi tersebut tak habis pikir dengan banyaknya sponsor yang ada dalam tubuh jersey anyar Persib. Hal itu berbanding terbalik dengan Chonburi yang membatasi sponsor dalam jersey miliknya.

"Jersey baru Persib. Saya pernah membaca novel yang lebih sedikit kalimatnya dibandingkan ini," ucap akun Twitter fans yang bernama @Chonburi_FC menggunakan Bahasa Inggris.

Situasi ini tentunya membuat pendukung setia Persib, Bobotoh geram dan mulai membanjiri kolom komentar di akun media sosial Chonburi. Sebagian besar Bobotoh tentunya tak terima tim kesayangannya diejek oleh pihak manapun.

Namun terlepas dari pertikaiannya dengan Persib, nyatanya Chonburi pernah memiliki hubungan spesial dengan klub raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City. Si Biru Langit menjadi salah satu klub afiliasi Chonburi, setidaknya sejak 2008 silam.

Ini merupakan langkah yang cukup baik bagi Chonburi untuk menjalin kerja sama dengan salah satu klub paling kuat di Inggris. Selain merasakan keuntungan bisnis, para pemain Thailand pun bisa mencicipi berkarier di sana.

Dua pemain Chonburi, Kiatprawut Saiwaeo dan Suree Sukha pun pernah mendapatkan kesempatan untuk berkarier di Manchester City pada 2007-2008 silam. Ini tak terlepas dari hubungan kerja sama yang dijalin oleh Chonburi dan Manchester City.

© Wikipedia
Kiatprawut Saiwaeo, salah satu dari pemain Thailand yang direkrut Man City pada 2007 Copyright: WikipediaKiatprawut Saiwaeo, salah satu dari pemain Thailand yang direkrut Man City pada 2007.

Kiatprawut Saiwaeo gagal bersaing di skuat utama Manchester City hingga akhirnya sang pemain dipinjamkan ke Club Brugge. Bersama klub asal Belgia tersebut, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu gagal tampil mengesankan.

Akhirnya, Kiatprawut Saiwaeo pun dilepas pada 2008 dan sang pemain memilih untuk pulang ke Thailand. Nahasnya, ia memiliki kisah menyedihkan lantaran harus pensiun dini di usia 32 tahun setelah mengalami cedera lutut yang cukup parah.

Hal serupa juga dialami Suree Sukha saat menjadi bagian dari skuat Manchester City. Dirinya juga gagal bersaing hingga akhirnya dipinjamkan ke klub asal Swiss, yakni Grasshoppers pada 2008 silam.

Pemain yang kerap beroperasi sebagai bek sayap tersebut juga gagal memberikan penampilan maksimal bersama Grasshoppers. Ia pun akhirnya kembali ke Chonburi dan membuat 115 penampilan.

© Wikipedia
Suree Sukha, salah satu dari tiga pemain Thailand yang direkrut Man City pada tahun 2007 Copyright: WikipediaSuree Sukha, salah satu dari tiga pemain Thailand yang direkrut Man City pada tahun 2007.

Meski gagal total di Manchester City, namun Kiatprawut Saiwaeo dan Suree Sukha tetap disambut dengan baik oleh Chonburi. Artinya, Chonburi kembali menyodorkan kontrak kepada dua pemain tersebut.

"Kami siap untuk membawa mereka (Kiatprawut Saiwaeo dan Suree Sukha) kembali. Chonburi FC seperti rumah mereka," ujar wakil manajer Chonburi saat itu, Annop Singtothong, beberapa tahun lalu.

Selain dua pemain Chonburi tersebut, pemain Thailand lainnya yang juga sempat merasakan menjadi bagian dari Manchester City adalah Teerasil Dangda. Penyerang andalan Timnas Thailand itu juga tak mampu bersaing di klub terkaya Liga Primer Inggris itu.

Terus Ikuti Sepak bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT