In-depth

Wajar Jika Klub Thailand Ejek Jersey Persib Bandung di Liga 1 2019

Rabu, 15 Mei 2019 09:08 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Arif Rahman/INDOSPORT
Jersey yang akan digunakan Persib Bandung untuk mengarungi musim 2019. Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Jersey yang akan digunakan Persib Bandung untuk mengarungi musim 2019. Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Jersey teranyar klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung baru saja mendapat ejekan dari fans klub Thailand, Chonburi FC, Selasa (14/05/19) kemarin.

Ya, menghadiri launching Shopee Liga 1 2019, Persib Bandung dengan percaya diri memperkenalkan jersey yang akan mereka pakai di musim ini. Hal tersebut pun mendapat tanggapan dari fans salah satu klub Thailand.

"Jersey baru Persib. Saya pernah membaca novel yang lebih sedikit kalimatnya dibandingkan ini," ucap akun Twitter fans yang bernama @Chonburi_FC menggunakan bahasa Inggris.

Chonburi FC merupakan klub peserta kasta tertinggi sepak bola Thailand, Thai League 1 yang musim 2018 lalu bertengger di urutan ke-9 klasemen akhir.

Tidak punya urusan dan tiba-tiba salah satu akun fans Chonburi FC memberi komentar negatif terkait jersey baru Persib Bandung, tentu membuat para Bobotoh marah-marah.

Apa yang terjadi jika Bobotoh marah karena Persib kesayangan mereka diejek? akun Instagram Chonburi FC pun langsung dibanjiri oleh komentar-komentar yang sebagian besar Bobotoh dan pecinta sepak bola Indonesia.

Tapi, apa hal seperti ini harus dilihat sebagai ejekan? Bagaimana kalau komentar tersebut adalah sebuah tamparan untuk klub-klub Liga 1 agar lebih baik ke depannya? Berikut INDOSPORT coba bahas untuk Anda.

Klub Liga 1 Takut Kehilangan Sponsor

© Instagram.com/baliunitedfc
Jersey Bali United untuk musim 2019. Copyright: Instagram.com/baliunitedfcJersey Bali United untuk musim 2019.

Nampaknya melihat komentar dari akun Twitter fans Chonburi FC tersebut, kita harus menerimanya sebagai tamparan agar bisa lebih baik untuk ke depannya.

Jersey yang dipakai klub untuk bertanding dengan banyaknya sponsor tertempel, tentu bukan sebuah hal indah yang ingin disaksikan oleh para suporter, baik itu yang datang langsung ke stadion atau menyaksikan laga dari layar kaca.

Menempelkan banyaknya iklan di sebuah jersey sepak bola memang menunjukkan bahwa klub itu, seperti Persib Bandung, menarik banyak sponsor untuk bekerja sama. Seperti yang diucapkan Zainuri Hasyim, selaku Komisaris Utama PT PBB.

"Dengan banyaknya sponsor, Persib patut bersyukur. Pengelolaan sepak bola harus punya dana kuat, salah satu dukungan kuat dari sponsor," kata Zainuri ketika menghadiri launching tim Persib, Sabtu (11/05/19) lalu.

Namun menempelkan semua sponsor yang didapat pada jersey bertanding juga menunjukkan bahwa klub tersebut ketakutan dan benar-benar terlihat mereka yang sangat perlu akan dana tersebut.

Berbeda dengan Barcelona, Real Madrid atau Manchester United, mereka yang menentukan di mana saja harus menempelkan iklan dari sponsor. Entah itu di jersey utama saat bertanding, jersey latihan pra pertandingan, jersey latihan biasa, jaket ofisial atau di mana pun.

Hal ini dikarenakan klub-klub sekelas Barcelona dan Real Madrid sudah punya branding, bahkan lebih besar dari sponsor itu sendiri. Sponsor yang mengejar mereka, sangat berbeda dengan di Indonesia.

Terlalu jauh memang melihat dua klub raksasa dunia tersebut, oleh karena itu, INDOSPORT mengarahkan bahasan ini kepada Liga Thailand saja, yang lebih masuk akal untuk dicontoh.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
55%