Bola Internasional

Satu Dekade Silam, Chonburi Pernah Punya Hubungan Baik dengan Persib Bandung

Rabu, 15 Mei 2019 12:31 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Jauh sebelum adanya ketegangan antarsuporter klub beberapa hari belakangan, Persib Bandung dan Chonburi FC pernah memiliki ‘hubungan’ baik. Hubungan itu tercermin dalam sosok penjaga gawang Sinthaweechai Hathairattanakool yang pernah dipinjamkan Chonburi ke Persib pada satu dekade silam.

Sebelum kiprahnya di Persib satu dekade silam, Sinthaweechai telah membela Persib Bandung untuk pertama kalinya pada 2006. Saat itu, ia didatangkan dari Osotspa FC ketika masih berusia 24 tahun. Ia memulai debutnya dalam laga melawan Pelita Jaya pada 24 November 2006.

Sepanjang musim tersebut, ia menjadi penjaga gawang utama dengan catatan 33 penampilan di kancah Liga Indonesia dan Copa Dji Sam Soe. Namun, kiprahnya di tim Maung Bandung saat itu hanya bertahan satu musim meski sudah menjadi idola Bobotoh. Ia tidak dipertahankan oleh Persib yang kala itu diasuh oleh Arcan Iurie.

Pada perpisahannya kala itu, ia meninggalkan sebuah surat. Ia menuliskan bahwa dirinya akan kembali ke Persib jika ada kesempatan berikutnya. Ia terkesan dengan perlakuan spesial para suporter fanatik tim Maung Bandung.

Mantan kiper Timnas Thailand itu kemudian pindah ke Chonburi FC dan merengkuh kenangan manis bersama The Sharks. Pada 2007, ia langsung mendapatkan gelar juara Liga Thailand dan berhak lolos ke Liga Champions Asia pada musim berikutnya. Pada 2008, ia kembali meraih gelar setelah timnya memenangkan Kor Royal Cup.

Pada pertengahan 2009, takdir seolah mempertemukan Sinthaweechai dengan tim Maung Bandung. Persib diterpa masalah krisis penjaga gawang setelah Tema Mursadat harus menepi hingga akhir tahun. Hal tersebut membuat Persib berminat mendatangkan kembali Sinthaweechai dengan status pinjaman sejak Oktober 2018 hingga Februari 2019.

Bobotoh sontak mengharapkannya kembali berseragam Persib saat kabar tersebut masih sebatas rumor. Harapan tersebut ternyata bisa terwujud karena pemain yang dulu akrab disapa Kosin ini bisa kembali ke Kota Kembang.

Sesaat setelah Sinthaweechai resmi bergabung untuk kedua kalinya pada 31 Oktober 2009, ia mengatakan dalam sesi konferensi pers bahwa dirinya merindukan Bandung. Ia ingin kembali ke Persib karena sudah terasa seperti rumah sendiri berkat fanatisme Bobotoh yang luar biasa.

Dalam kesempatan keduanya bermain di tim Maung Bandung, ia tampil sebanyak 11 kali. Pada partai terakhirnya melawan Persisam Putra Samarinda, ia mencetak clean sheet yang membekas di hati para Bobotoh. Ia menggagalkan peluang emas Danilo Fernando dalam kemenangan 2-0 tersebut, sebelum ia digantikan oleh Markus Horison.

Ia mengakhiri kiprahnya dengan tangisan haru setelah para Bobotoh memberikannya bunga perpisahan. Setelah empat bulannya di kota Bandung, ia kembali ke Chonburi dan bertahan hingga musim 2015. Ia semakin menjadi idola suporter tim masa kecilnya yang berjuluk The Sharks itu dengan gelar individu pesepak bola terbaik Liga Thailand pada 2011.

Geledah Stadion Persitara Bareng Pentolan NJ Mania

Ikuti Update Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM