Bola Internasional

Inilah Kiprah Pemain Indonesia di Chonburi FC, Klub Asal Thailand yang Diserang Bobotoh

Rabu, 15 Mei 2019 02:37 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© Goal
Irfan Bachdim pernah membela Chonburi FC di kancah Liga Primer Thailand musim 2013. Copyright: © Goal
Irfan Bachdim pernah membela Chonburi FC di kancah Liga Primer Thailand musim 2013.

INDOSPORT.COM – Indonesia pernah memiliki pemain yang berkiprah di salah satu klub Thailand, Chonburi FC, yang dikabarkan 'diserang' Bobotoh setelah fans mereka mengomentari jersey terbaru Persib Bandung. Dia adalah Irfan Bachdim, pernah membela klub berjuluk The Sharks itu pada musim 2013.

Dilansir dari situs Transfermarkt, Bachdim pindah ke Chonburi setelah hampir tiga tahun membela Persema Malang. Ia sempat menjalani trial di sesama klub asal Negeri Gajah Putih, BEC Tero Sasana, namun tidak dikontrak oleh klub tersebut dan direkrut Chonburi tak lama setelahnya.

Ia menjadi rekan setim kiper Timnas Thailand yang pernah membela Persib Bandung pada 2006 dan 2009, Sinthawechai Hathairattanakool. Kiper yang akrab dipanggil Kosin itu merumput bersama Bachdim di kompetisi liga domestik.

Di kancah Liga Primer Thailand musim 2013, ia hanya bermain sebanyak tiga kali. Dalam laga debutnya melawan BEC Tero Sasana, ia mencetak gol yang memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada menit ke-19. Namun, ia tak bermain penuh karena ditarik keluar setelah turun minum. Chonburi pada laga itu berhasil menahan imbang BEC Tero dengan skor 2-2.

Ia kemudian diberikan kesempatan bermain oleh manajer Withaya Laohakul di pertandingan berikutnya melawan Army United. Lagi-lagi, ia hanya dimainkan pada babak pertama dalam laga yang dimenangkan oleh The Sharks tersebut dengan skor 1-0.

Pemain kelahiran Amsterdam ini baru kembali dimainkan pada pekan ke-13 melawan Buriram United. Pasalnya, Bachdim sempat absen untuk membela Timnas Indonesia dan menderita cedera hamstring saat kembali ke Thailand.

Dalam laga melawan Buriram itu, Bachdim hanya bermain di babak kedua setelah menggantikan Chonlatit Jantakam setelah turun minum. Pada laga itu, Chonburi menderita kekalahan telak 1-4 di kandang sendiri.

Setelahnya, segalanya berjalan kurang baik untuk Bachdim. Saat bursa transfer tengah musim, ia dipinjamkan ke sesama klub Thailand, Sriracha FC. Saat itu, masuknya dua pemain asing baru membuat Bachdim tak punya pilihan lain karena jatah pemain asing yang melebihi batas.

Setelah kembali dari masa peminjamannya di Sriracha, ia ditawari kontrak oleh dua klub Jepang. Perjalanannya di Chonburi pun resmi berakhir ketika ia bergabung ke Ventforet Kofu pada 27 Januari 2014.

kuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%