Liga Indonesia

Terungkap, Ada Peran Aremania Jepang di Balik Bergabungnya Seiya da Costa Lay ke Arema FC

Selasa, 14 Mei 2019 20:56 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Seiya Da Costa Lay, wonderkid kelahiran Hiroshima yang bergabung ke Arema FC berkat peran soreang Aremania Jepang. Foto: MO Arema FC Copyright: © MO Arema FC
Seiya Da Costa Lay, wonderkid kelahiran Hiroshima yang bergabung ke Arema FC berkat peran soreang Aremania Jepang. Foto: MO Arema FC

INDOSPORT.COM – Bergabungnya pemain berdarah Jepang, Seiya Da Costa Lay, ke Arema FC U-18 diyakini terjadi atas peran salah seorang pendiri Aremania Jepang, Muhammad Ian. Pasalnya, nama yang disebutkan terakhir itulah yang mengenalkan Arema kepada Seiya.

“Kebetulan, ayah Seiya merupakan rekan kerja saya. Sekitar tiga tahun lalu, saya melihat Seiya dan membawanya bergabung ke tim futsal Aremania Jepang. Saya kemudian melihat kemampuan Seiya dan mengatakan kepada ayahnya bahwa kelak ia bisa memperkuat Arema FC,” ujar Ian dilansir dari situs Wearemania.

Tim futsal Aremania Jepang yang diperkuat Seiya itu pernah menjuarai sebuah turnamen. Setelahnya, Seiya semakin akrab dengan Arema dan sering menyempatkan diri untuk menonton tim Singo Edan melalui streaming.

Ian mengatakan keyakinannya bahwa Seiya akan segera berpaspor Indonesia. Menurutnya, Seiya telah meminta izin kepada orang tuanya bahwa ia lebih merasa sebagai orang Indonesia dan akan tinggal di Tanah Air.

“Seiya akan terhitung sebagai pemain lokal karena memiliki dokumen lengkap, termasuk paspor Indonesia. Tahun depan, ketika Seiya harus memilih kewarganegaraan, saya yakin ia akan mantap memilih Indonesia,” ucap Ian.

Meski lahir di Hiroshima, Seiya merupakan keturunan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah lama tinggal di Jepang. Ayahnya, Jefry da Costa, merupakan kelahiran Atambua, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan, ibunya yang bernama Sisilia Ma yang berdarah China juga tercatat berpaspor Indonesia.

Berbicara mengenai kemampuannya, ia dianggap sebagai salah satu talenta potensial di Negeri Matahari Terbit. Seiya mendapatkan beasiswa ternama dari salah satu SMA ternama di Jepang yang bernama Joshuikan berkat kemampuan sepak bolanya.

Gelandang bertahan berusia 17 tahun itu bisa dibilang berkembang di lingkungan yang tepat. Pasalnya, Joshuikan sendiri memiliki reputasi top dalam mencetak pesepak bola untuk salah satu provinsi di Jepang.

Hal itu terbukti ketika Seiya mengikuti seleksi bersama Arema U-18 di bawah pelatih Miftahul Huda pada Sabtu (11/05/19) lalu. Ia langsung diputuskan lolos dan mendapatkan penawaran bergabung untuk SIngo Edan muda. Tak butuh waktu lama, ia langsung mengurus tahap registrasi dua hari setelahnya.

Geledah Stadion Persitara Bareng Pentolan NJ Mania

Ikuti Update Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%