Liga Indonesia

Selamat Datang Liga 1 2019, Nostalgia Laga Pembuka Edisi Perdana Liga Indonesia 1994/95

Rabu, 15 Mei 2019 10:10 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Gegap gempita kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Shopee Liga 1 2019, akan bergulir  sesaat lagi dengan memanggungkan pertandingan PSS Sleman versus Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5/19) malam nanti.

Laga pembuka selalu menjadi pijakan setiap tim untuk melangkah lebih lanjut di pekan-pekan berikutnya. Tidak mengherankan bila kemenangan menjadi penting guna memompa motivasi tim.

Meski begitu, kekalahan belum tentu menjadi akhir dari segala. Kekalahan dapat berujung manis di akhir bahkan sampai bisa merebut gelar juara. Tidak percaya?

Persib Bandung pernah melakukannya pada pertandingan pembuka edisi perdana Liga Indonesia 1994/95 sebagai liga profesional hasil gabungan kompetisi Perserikatan dan Galatama.

Pelita Jaya selaku juara Galatama 1994 berhadapan dengan Persib yang berpredikat jawara Perserikatan 1993/94. Laga itu digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, 27 November 1994.

Pertandingan yang dipimpin wasit I Made Sudra asal Denpasar tersebut semakin sakral dengan kehadiran Wakil Presiden RI Try Sutrisno dan Menteri Olahraga Hayono Isman yang secara simbolis membuka gelaran Liga Indonesia pertama.

Laga panas Pelita Jaya vs Persib berlangsung sengit. Drama terjadi ketika Robby Darwis gagal mengeksekusi penalti yang membuat kubu Maung Bandung bernasib kurang beruntung.