Liga Indonesia

2 Teka-teki yang Bakal Memanaskan Pekan Terakhir LaLiga 2018/19

Jumat, 17 Mei 2019 17:39 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Logo Getafe CF dan Liga Champions Copyright: © INDOSPORT
Logo Getafe CF dan Liga Champions

INDOSPORT - LaLiga Spanyol bakal memainkan laga pekan terakhir kompetisi pada dua hari berbeda, yakni Sabtu (18/05/19) dan Minggu (19/05/19) esok. Bila ditelisik, setidaknya ada dua teka-teki yang bakal menyelimuti laga pekan terakhir tersebut. Apa saja?

LaLiga Spanyol akhirnya telah memasuki pengujung musim. Setiap klub peserta tinggal menyisakan satu laga lagi untuk merampungkan kompetisi.

Khusus untuk gelaran musim 2018/19, memang tak akan ada penentuan juara di pekan terakhir. Gelar juara LaLiga Spanyol 2018/19 sudah pasti dipegang Barcelona sejak 28 April 2019 lalu.

Walau begitu, laga pekan terakhir tetap tak akan kehilangan keseruannya. Pasalnya, masih ada beberapa tim yang berjuang untuk meraih capaian prestasi terbaik di tabel klasemen.

Hal itulah yang lantas menimbulkan dua teka-teki di laga pekan terakhir LaLiga Spanyol. Apa sajakah teka-teki yang dimaksudkan tersebut?

Tiket Eropa

Perebutan tiket Eropa bakal memanaskan perhelatan pekan terakhir LaLiga Spanyol. Terutama pada perebutan posisi empat klasemen alias zona Liga Champions, hinga kini masih ada tiga tim yang berpeluang untuk menempatinya, yakni Valencia, Getafe, dan Sevilla.

Valencia tampak lebih unggul, lantaran saat ini berada di posisi empat dengan koleksi 58 poin. Namun, Getafe yang ada di posisi kelima juga mengoleksi jumlah poin serupa, sehingga Valencia harus sangat berhati-hati.

Sementara Sevilla, posisinya kini berada di tangga keenam. Sevilla memiliki peluang merebut posisi empat, sebab hanya berjarak dua poin saja dari Valencia dan Getafe.

Andai ketiga tim tersebut sama-sama meraih kemenangan di laga pekan terakhir, maka Valencia yang akan lolos ke Liga Champions karena mereka telah unggul poin head-to-head dengan Getafe.

Pada pertemuan pertama di LaLiga musim ini, Valencia mengalahkan Getafe 1-0. Lalu, kedua tim bermain seri 0-0 pada pertemuan kedua.

Sementara, Sevilla peluang untuk lolos ke Liga Champions terbilang cukup berat. Mereka perlu memenangkan laga terakhir, sambil berharap Valencia dan Getafe sama-sama menuai kekalahan.

Kalau dilihat dari lawan yang dihadapi, Sevilla akan menghadapi tantangan sulit. Sevilla bakal meladeni perlawanan tim peringkat tujuh, Atheltic Bilbao, yang mungkin saja merebut posisi enam jika menang dengan skor minimal 5-0.

Sedangkan Valencia dan Getafe, menghadapi lawan yang relatif lebih mudah. Valencia akan jumpa Real Valladoid yang sudah aman di posisi 16, dan Getafe bakal bersua Villareal yang juga sudah aman di posisi 14.

Bagi siapapun yang gagal menempati posisi empat, sejatinya mereka tetap bisa mendapatkan tiket ke Eropa. Pasalnya, posisi lima dan enam masih berhak melaju ke gelaran Liga Europa.

Jadi, siapakah kira-kira tim yang akan berhasil menempati posisi empat untuk menemani Barcelona, Ateltico Madrid, dan Real Madrid ke Liga Champions? Valencia, Getafe, atau Sevilla?