Liga Indonesia

5 Pemain yang Pernah Berseragam Persib Bandung dan Persipura Jayapura

Sabtu, 18 Mei 2019 17:06 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Victor Igbonefo (kiri) bersalaman dengan Boaz Solossa (kanan). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Victor Igbonefo (kiri) bersalaman dengan Boaz Solossa (kanan).

INDOSPORT.COM – Pertandingan panas tersaji pada pekan pertama Shopee Liga 1 2019 antara klub sepak bola Persib Bandung vs Persipura Jayapura, Sabtu (18/05/19), di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, siap menurunkan kekuatan terbaik meski tanpa diperkuat Fabiano Beltrame dan Esteban Vizcarra.

Sementara itu, Persipura Jayapura kehilangan Titus Bonai dan Ibrahim Conteh. Meski begitu, Luciano Leandro masih punya banyak pilihan pemain lokal untuk memperkuat lini serang.

Persib Bandung dan Persipura Jayapura punya sejarah apik di era Liga Indonesia. Tidak heran keduanya merupakan tim besar yang kerap dihuni pemain bintang.

Ada setidaknya 5 pemain yang pernah merasakan berseragam Persib Bandung dan Persipura Jayapura. Kira-kira siapa saja mereka?

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 5 pemain yang pernah berseragam Persib Bandung dan Persipura Jayapura.

Zulham Zamrun

© Ginanjar/INDOSPORT
Zulham Malik Zamrun (tengah) memakai kostum Persib Bandung warna biru. Copyright: Ginanjar/INDOSPORTZulham Malik Zamrun (tengah) memakai kostum Persib Bandung warna biru.

Zulham Zamrun menjalani awal musim 2015 yang mengesankan bersama Persipura Jayapura di kompetisi internasional Piala AFC 2015.

Namun setelah pembekuan PSSI oleh FIFA, langkah Persipura Jayapura harus berhenti. Zulham lantas dipinjamkan ke Persib Bandung setelah Persipura Jayapura tidak ikut ambil bagian dalam Piala Presiden 2015.

Keputusannya untuk pindah ke Persipura Jayapura rupanya berbuah manis. Zulham berhasil membawa Persib Bandung juara Piala Presiden edisi pertama.

Tidak tanggung-tanggung, Zulham berhasil menyabet gelar top skor dengan raihan 6 gol dan penghargaan pemain terbaik. Ia total membawa pulang hadiah sebesar Rp300 juta.

Zulham kembali bergabung ke Persib Bandung pada musim 2016. Kurang bersinar sepanjang Indonesia Soccer Championship (ISC) A, ia didepak jelang bergulirnya Liga 1 2017.

David Laly

© INTERNET
David Laly membawa bola ke arah gawang lawang pada pertandingan Torabika Soccer Championship 2016. Copyright: INTERNETDavid Laly membawa bola ke arah gawang lawang pada pertandingan Torabika Soccer Championship 2016.

David Laly memulai kariernya bersama Persipura Jayapura. Empat musim berseragam merah hitam, ia pindah ke Pelita Bandung Raya (PBR) pada musim 2013.

Mampu membawa PBR melaju hingga semifinal ISL 2014/15, David Laly diboyong Persib Bandung pada musim berikutnya.

Namun sayangnya, David Laly gagal bersinar bersama tim asuhan Dejan Antonic. Ia sempat berkarier di kasta kedua Liga Malaysia sebelum akhirnya merapat ke Madura United.

Victor Igbonefo

© VIVA
Victor Igbonefo saat berseragam Persipura Copyright: VIVAVictor Igbonefo saat berseragam Persipura

Victor Igbonefo mengoleksi tiga gelar liga bersama Persipura Jayapura pada musim 2005, 2008/09, dan 2010/11. Ia sempat berlabuh ke Arema dan melanglang buana ke Thailand hingga akhirnya berlabuh ke Persib Bandung pada Liga 1 2018 lalu.

Bersama Persib Bandung, Igbonefo tampil selama 2.430 menit dalam 27 pertandingan. Ia berhasil membawa tim asuhan Mario Gomez juara paruh musim dan finis di urutan ke-4.

Igbonefo musim 2019 ini tidak melanjutkan kiprahnya bersama Persib Bandung. Pemain naturalisasi itu memilih untuk bergabung ke klub Liga Thailand, PTT Rayong.

Patrich Wanggai

© Persib Bandung
Patrich Wanggai tengah mengontrol bola dari pemain Mitra Kukar. Copyright: Persib BandungPatrich Wanggai tengah mengontrol bola dari pemain Mitra Kukar.

Patrich Wanggai mengawali karier di Persewon Wondama pada tahun 2007/08. Performa apiknya saat membela Persidafon Dafonsoro pada selama 3 musim dari 2009 hingga 2012 membuat Persipura Jayapura kepincut.

Selama dua musim membela Persipura Jayapura, Patrich turut membawa Mutiara Hitam juara Liga Super Indonesia tahun 2013.

Patrich mulai melebarkan sayap ke Malaysia hingga Timor Leste. Pada Liga 1 2018 lalu, ia bergabung ke Persib Bandung dengan torehan 4 gol.

Posisinya yang kurang mendapatkan kesempatan bermain lebih membuat Patrich hengkang ke Kalteng Putra pada Liga 1 2019.

Oh In-kyun

© Istimewa
Oh In-kyun, pemain Persipura Jayapura. Copyright: IstimewaOh In-kyun, pemain Persipura Jayapura.

Sebagai pemain asing Asia, Oh In-kyun telah menjadi langganan banyak klub sepak bola Indonesia di kasta tertinggi. Pada Liga 1 2018, In-kyun membela Persib Bandung dengan total 2381 menit bermain dalam 27 laga.

Pemain asal Korea Selatan tersebut menyumbang 3 gol 2 asis. Ia lantas hengkang dan memilih untuk bergabung dengan Persipura Jayapura.

Pada laga perdana bersama Persipura Jayapura di Shopee Liga 1 2019, In-kyun langsung bertemu Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat.

Apa Rasanya Paralayang di Puncak Bogor?

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga 1 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%