Liga Indonesia

TC di Yogyakarta Mulai 28 Mei, Timnas Indonesia Akan Panggil Muka Baru

Sabtu, 18 Mei 2019 13:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/3/19). Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/3/19).

INDOSPORT.COM - Tim nasional Indonesia segera menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta mulai 28 Mei sebagai persiapan menghadapi FIFA matchday pada Juni nanti. Kemungkinan akan ada pemain baru yang dipanggil dalam TC kali ini.

Asisten pelatih Yeyen Tumena mengatakan ada kriteria tertentu bagi pemain baru yang dipanggil, yakni konsisten di lebel klub. Mereka diharapkan bisa membantu tim di FIFA matchday sekaligus pemanasan sebelum bertanding di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, September nanti.

"Pada pemusatan latihan nanti juga akan ada beberapa nama baru. Kami harapkan mereka bisa memaksimalkan potensi tim menjelang Kualifikasi Piala Dunia," kata Yeyen, Sabtu (18/5/19).

"Yang pasti, sebelum dipanggil mereka harus berkontribusi terlebih dahulu ke klub masing masing, punya jam terbang, dan mampu menjadi anutan untuk pemain lainnya," imbuhnya soal pemanggilan pemain baru.

Lebih lanjut, Yeyen berharap ada sinergi antara timnas dan pelatih klub mengenai pemain yang dipanggil. Ia ingin pelatih memberikan data mendetail soal performa pemain sehingga bisa jadi pertimbangan tim pelatih skuat Garuda.

"Jadi sebelum di panggil nanti akan ditanyakan kepada pelatih apakah pemain tersebut sedang dalam kondisi fit, atau setelah kembali ke klub dari pemusatan latihan timnas tetap bisa profesional atau tidak," tuturnya.

Pada FIFA matchday nanti, Indonesia akan melawan tuan rumah Yordania (11 Juni) kemudian menjamu Vanuatu (15 Juni) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Kedua laga itu sangat penting untuk melihat sejauh mana perkembangan tim menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Pada drawing kualifikasi, kami akan berada di pot 3, artinya akan ada tim yang berada di pot unggulan 1 dan 2. Kebanyakan berasal dari semenanjung arab sehingga kami memilih Yordania yang notabene punya ranking FIFA lebih tinggi dan Vanuatu yang masih di bawah kami " tandas Yeyen.

Progres Pembangunan Stadion BMW Pasca 3 Bulan Peletakan Batu Pertama

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT