Liga Inggris

Umumkan Klub Baru Usai Tinggalkan Manchester City, Kompany Bakal Jalani Dua Peran

Minggu, 19 Mei 2019 18:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Kapten Manchester City Vincent Kompany. Copyright: © Getty Images
Kapten Manchester City Vincent Kompany.

INDOSPORT.COM – Vincent Kompany ternyata akan kembali bersama klub masa kecilnya di Belgia, Anderlecht, dengan menjalani dua peran sekaligus setelah memutuskan pergi dari Manchester City.

Bek tengah 33 tahun itu secara resmi mengumumkan lewat surat terbuka di Facebook bahwa ia akan meninggalkan Manchester City, klub yang sudah dibelanya selama 11 tahun dan meraih 10 gelar kemenangan.

Pengumuman tersebut Kompany rilis hanya kurang dari 24 jam setelah dia membantu kubu Pep Guardiola memenangkan final Piala FA atas Watford dengan skor 6-1 di Stadion Wembley pada hari Sabtu (19/05/19).

Dalam surat terbuka itu, Kompany juga menuturkan bahwa dirinya akan kembali ke Belgia. Bukan untuk pensiun, rupanya dia akan menerima peran ganda di klub masa kecilnya Anderlecht.

Peran ganda yang dimaksud di sini adalah Kompany akan tetap menjadi pemain sekaligus pelatih bagi Anderlecht alias sebagai player-manager.

Kehadiran Kompany akan menjadi suntikan ilmu dan pengalaman yang cukup penting bagi pemain muda ke Anderlecht. Hal tersebut mereka refleksikan lewat video sambutan di Twitter, yang menggambarkan Kompany sebagai sosok pangeran.

Tawaran itu sendiri datang setelah dia menyempatkan diri mampir ke markas Anderlecht pasca membela Timnas Belgia musim lalu. Tak lama kemudian, dia menerima telepon berisi tawaran yang sulit ditolak.

Peran ganda sebelumnya juga pernah diemban oleh legenda Ryan Giggs di Manchester United. Giggs ditunjuk sebagai pemain-staf pelatih pada 4 Juli 2013, di mana dia bekerja di bawah manajer baru David Moyes. Dia kemudian menjadi player-manager di sisa 4 laga musim 2013/14 menyusul dipecatnya Moyes 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT