Liga Indonesia

Bantah Mangkir, Ini Alasan Ratu Tisha Absen Sidang Mafia Bola

Senin, 20 Mei 2019 21:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat menghadiri pembukaan Elite Pro Academy Liga 1 Indonesia U-16 musim 2019 di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (19/04/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat menghadiri pembukaan Elite Pro Academy Liga 1 Indonesia U-16 musim 2019 di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (19/04/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, kembali absen dalam lanjutan sidang mafia bola di kompetisi sepak bola Indonesia. Tisha tidak hadir dalam sidang lanjutin yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Banjarnegara karena padatnya jadwal.

Tisha belum bisa menghadiri sidang dalam kapasitasnya sebagai saksi atas nama terdakwa Dwi Irianto alias Mbah Putih dan kawan-kawan di Pengadilan Negeri Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Ratu Tisha belum bisa hadir karena padatnya jadwal kegiatan PSSI. Di samping itu, surat pemanggilan sebagai saksi pun datangnya terlambat dan terlalu mepet dengan waktu sidang.

Kuasa hukum Sekjen PSSI, Andru Bimaseta menjelaskan ketidakhadiran Sekjen PSSI tidak bisa disebut mangkir karena  surat panggilan yang disampaikan tersebut tidak sesuai prosedur, sebagaimana pasal 146  ayat 2 dan pasal 227 ayat 1 KUHAP. 

"Menurut pasal ini, surat panggilan harus diterima selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum sidang dimulai," ucap Andriu Bimaseta.

"Namun, faktanya surat panggilan untuk sidang tanggal 16 Mei dan surat panggilan kedua untuk sidang tanggal 20 Mei baru diterima pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2019," tambahnya.

Selain itu menurut Andru, tidak semua saksi yang diperiksa di penyidik akan dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Apabila JPU menganggap cukup dengan mempelajari isi  Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi, bisa saja JPU tidak menganggap signifikan kehadirannya untuk membuktikan perbuatan terdakwa.

Andru menegaskan, Ratu Tisha tidak mangkir dan sangat menghormati panggilan tersebut sepanjang dilakukan sesuai kepatutan dan prosedur yang berlaku.

Penampilan Terakhir Persija Jakarta di Piala AFC

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT 
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%