Liga Indonesia

Soal Sanksi Komdis PSSI, Panpel PSS Sleman Kecewa tapi Juga Bersyukur

Senin, 20 Mei 2019 10:38 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ivan Reinhard Manurung/INDOSPORT
Penjagaan ketat pihak kepolisian di antara tribun suporter PSS dan Arema FC. Copyright: © Ivan Reinhard Manurung/INDOSPORT
Penjagaan ketat pihak kepolisian di antara tribun suporter PSS dan Arema FC.

INDOSPORT.COM - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI telah mengeluarkan sanksi akibat dari kasus kericuhan antarsuporter dalam laga pembuka Shopee Liga 1 2019 (kasta tertinggi bola Indonesia).

Laga sepak bola antara tuan rumah PSS Sleman melawan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/05/19) silam diwarnai aksi saling lempar keramik, batu, dan botol sehingga pertandingan berjalan tak kondusif dan sempat tertunda hampir satu jam.

Selaku tuan rumah, tim sepak bola berjuluk Super Elang Jawa mendapat hukuman cukup berat. Panitia pelaksana (Panpel) PSS, mendapat sanksi penutupan tribun selatan sebanyak empat pertandingan plus denda Rp50 juta.

Tak hanya itu, mereka juga mendapatan hukuman denda tambahan sebesar Rp 150 juta. Denda itu didapat karena dakwaan suporter PSS menyalakan flare, kembang api, petasan, dan terlibat saling lempar dengan suporter Arema FC sehingga pertandingan harus terhenti sekitar 55 menit.

Menanggapi putusan itu, ketua Panpel PSS Sleman, Tri Mulyanto sempat merasa kecewa. Pihaknya kecewa lantaran hukuman yang diberikan cukup berat dan bahkan dirasa kurang adil.

Hal itu merujuk pada sanksi yang diterima kubu Arema FC. Tim berjulukan Singo Edan itu 'hanya' dijatuhi denda sebesar Rp75 juta, meski terlibat masalah yang sama.

"Kami jelas berkeberatan dengan hukuman itu dan akan melakukan banding. Pengosongan tribune selatan selama empat pertandingan juga saya rasa tidak adil."

"Saat ini sedang kami bicarakan dengan manajemen," kata pria yang akrab disapa Mbah Mul itu, Minggu (19/05/19) malam.

Meski begitu, Tri Mulyanto mengaku masih ada yang perlu disyukuri dari hukuman yang telah dijatuhkan oleh Komdis PSSI.

"Bersyukur masih bisa bermain di kandang kami. Karena tidak harus berkandang di tempat lain," pungkasnya.

Sekadar informasi, dalam laga melawan Arema FC, PSS Sleman yang merupatkan tim promosi berhasil membuat kejutan dengan menang 3-1. Hasil itu membuat mereka kini menempati peringkat 4 Liga 1 2019 dengan torehan tiga poin.

Penampilan Terakhir Persija di Piala AFC 2019, Pelipur Lara Jakmania

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM