Liga Indonesia

Lama Tak Muncul, Ternyata Ini Kabar Terakhir Aples Tecuari Si Batu Karang Papua

Selasa, 21 Mei 2019 06:00 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Nama Aples Tecuari kembali terdengar di tahun 2019 ini. Begini kabar terbaru Aples Tecuari si 'Batu Karang Papua'. 

Nama Aples Gideon Tecuari sangat populer pada periode 90-an hingga awal 2000-an. Pemain asal Papua ini menjadi langganan Timnas Indonesia di berbagai ajang. 

Mulai dari SEA Games, hingga Piala AFF (Piala Tiger) menjadi ajang unjuk gigi dari pemain yang berposisi sebagai bek tersebut. Sedangkan di klub, Persipura Jayapura, Pelita Jaya, hingga Persija Jakarta pernah mendapatkan jasanya. 

Aples Tecuari terkenal sebagai bek tengah yang sangat sulit untuk dilewati pada masanya. Hingga lahirlah julukan Batu Karang Papua yang melekat kepadanya. 

Bahkan, mantan pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang pernah merasakan betapa sulitnya melewati Aples Tecuari saat berlaga di final SEA Games 2007. Tak kenal kompromi saat berhadapan dengan lawan adalah ciri khas dari Aples Tecuari. 

Lalu, bagaimana kabar terkini dari pemain yang pensiun pada tahun 2005 tersebut? 

Setelah pensiun dari sepak bola, Aples Tecuari menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Barat dengan SK sebagai pelatih. 

Aples Tecuari pun menjadi pelatih hingga saat ini. Setelah menjadi pelatih tim Pra-PON Papua Barat pada 2011, Aples Tecuari menemani Rochy Putiray saat melatih Timnas Street Soccer Indonesia pada 2016 lalu. 

Di tahun 2019 ini, nama Aples Tecuari pun kembali muncul. Aples Tecuari dipercaya oleh Kemenpora untuk menjadi pelatih dari Timnas Pelajar U-15 Indonesia. 

Timnas Pelajar U-15 sendiri akan mengikuti turnamen IBER Cup di Estoril, Portugal, pada 1-6 Juli 2019 mendatang. Timnas Pelajar U-15 sendiri sudah mengumpulkan 22 pemain dan akan mulai berlatih pada 9-24 Juni mendatang. 

"Pelatihan akan dikomandoi oleh Aples Gideon Tecuari," kata manajer Timnas Pelajar, Ray Gutafson, dilansir dari Antara. 

IBER Cup sendiri bisa disebut sebagai kompetisi bergengsi di level U-15, bahkan IBER Cup disebut sebagai 'Piala Dunia' U-15. 

"IBER Cup itu bukan level gengsi-gengsian. Pesertanya bukan lagi level SSB, tapi akademi klub-klub sepak bola profesional di Eropa. Seperti Real Madrid saja dilatih Raul Gonzales," lanjutnya. 

Aples Tecuari akan memimpin anak asuhnya tersebut dan berangkat ke Portugal pada 27 Juni 2019 mendatang. Timnas Pelajar U-15 yang diasuh Aples Tecuari diharapkan mampu mengimbangi tim-tim asal Eropa. 

Selain itu, IBER Cup 2019 diharapkan menjadi jembatan bagi bakat muda sepak bola Indonesia untuk melanjutkan karier profesional di Eropa. 

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM