Bola Internasional

Mantan Pelatih Manchester United Bongkar Cara Bentuk Ronaldo Jadi Pemain Hebat

Rabu, 22 Mei 2019 17:51 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Cristiano Ronaldo bersama Sir Alex Ferguson ketika di Manchester United. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo bersama Sir Alex Ferguson ketika di Manchester United.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Manchester United, Rene Meulensteen, mengungkapkan bagaimana ia membantu Cristiano Ronaldo berkembang dari pemain muda berbakat sampai kini menjadi salah satu pesepak bola terbaik di dunia.

Meulensteen merupakan eks pelatih tim pertama Manchester United pada periode 2007-2013. Pria berpaspor Belanda itu merupakan salah satu orang kepercayaan manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson.

Meulensteen berada di Manchester United ketika Ronaldo datang pada usia 18 tahun. Ia menjelaskan, semua orang di klub yakin bahwa Ronaldo merupakan pemain spesial ketika ia datang di usia sangat muda.

“Saya percaya dia (Ronaldo) adalah salah satu penyerang terbaik di usia muda, tapi saat itu dia tidak terlalu produktif. Kami ingin dia mencetak lebih banyak gol,” beber Meulensteen, dikutip dari kanal berita sepak bola Goal.

Meulensteen menambahkan, ia harus bekerja ekstra keras untuk membentuk karakter Ronaldo agar punya mental yang kuat di atas lapangan, terutama ketika pemain asal Portugal harus beradaptasi dengan sepak bola Inggris.

“Saya harus menghabiskan banyak waktu dengannya pada awal musim 2007/08. Kartu merah yang ia terima pada pertandingan pekan kedua membuatnya diskors tiga pertandingan. Itu adalah waktu yang sempurna untuk bersamanya,” tambah pria yang kini berusia 55 tahun tersebut.

Kerja keras Meulensteen dalam mendidik Ronaldo akhirnya berbuah manis. Pemain yang identik dengan nomor punggung tujuh itu tampil sensasional sepanjang musim 2007/08.

Bahkan, musim itu bisa disebut sebagai musim terbaik Ronaldo bersama Setan Merah.

Pada musim 2007/08, Ronaldo tampil dalam 49 pertandingan bersama Manchester United dengan torehan 42 gol. Ia pun sukses mengantarkan Setan Merah menjuarai Liga Primer Inggris dan meraih gelar juara Liga Champions Eropa.

Gelar juara bersama Manchester United disempurnakan dengan kesuksesan Ronaldo meraih gelar pribadi FIFA Ballon d’Or atau Pemain Terbaik Dunia pada tahun 2008.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%