Liga Indonesia

Luar Biasa! Kalteng Putra Bisa Torehkan Rekor Start Terbaik Tim Promosi

Kamis, 23 Mei 2019 15:53 WIB
Editor: Juni Adi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Kalteng Putra saat melawan Persebaya, Selasa (21/5/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Kalteng Putra saat melawan Persebaya, Selasa (21/5/19).

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2019 bisa dibilang penuh kejutan. Bagaimana tidak, baru pekan ke-2 ada salah satu tim promosi yang mampu tampil impresif.

Mereka adalah Kalteng Putra. Dalam dua laga yang sudah dilakoni, tim besutan Gomes de Oliviera itu cukup perkasa karena belum terkalahkan, dengan mencatatkan satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Hasil positif itu didapat Kalteng Putra saat melakoni laga tandang. Mereka menang 2-1 atas PSIS Semarang, dan menahan imbang tuan rumah Persebaya Surabaya 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo.

"Kunci sukses Kalteng Putra di dua pertandingan ini karena kami punya kekeluargaan yang sangat erat, baik di luar maupun di dalam lapangan antar pemain. Itu kuncinya, menurut saya," kata kapten tim, I Gede Sukadana.

Selain itu, Laskar Isen Mulang (julukan Kalteng Putra) juga berpotensi menorehkan rekor start terbaik tim promosi Liga 1. Pencapaian terkini mereka adalah mengemas empat poin dari dua laga awal Shopee Liga 1 2019.

Kalteng Putra lebih baik daripada Semen Padang yang takluk dari PSM Makassar (0-1), sementara satu tim promosi lain, PSS Sleman, mampu memetik kemenangan 3-1 atas Arema FC di laga perdana.

Hanya saja, PSS baru memainkan satu laga dan baru akan memainkan pertandingan pekan kedua kontra Semen Padang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Sabtu (25/5/19) malam WIB. 

Andai menang lawan Semen Padang, PSS akan mengoleksi enam poin melampaui Kalteng Putra, tapi ada satu alasan kuat yang mendukung Laskar Isen Mulang menyabet predikat tim promosi terbaik Liga 1 sejak 2017.

Di pekan ke-3 nanti, Kalteng Putra akan melakoni pertandingan perdana sebagai tuan rumah menjamu Perseru Badak Lampung FC, Selasa (28/5/19). Laga ini kemungkinan bisa dimenangi karena mereka sebelumnya mampu tampil apik dan memetik poin saat bertandang ke markas PSIS dan Persebaya.

Tambahan tiga poin dari duel kontra Badak Lampung FC nantinya akan membuat Kalteng Putra mengantongi tujuh poin. Belum pernah ada tim promosi yang bisa mengemas poin sebanyak itu dalam tiga pekan awal Liga 1 sejak edisi 2017.

Borneo FC yang berstatus tim promosi Liga 1 2017 hanya mampu memetik empat poin selama tiga pekan awal Liga 1, begitu pula trio Persebaya (4 poin), PSMS Medan (3 poin), dan PSIS (2 poin) berselang semusim kemudian alias Liga 1 2018.

Peluang Kalteng Putra untuk menjadi tim promosi terbaik di pekan-pekan awal Liga 1 tergolong lebih besar dari PSS yang harus menjalani laga tandang sulit ke markas Persipura Jayapura, Stadion Mandala, Jumat (31/5/19).

Start bagus menghadirkan berkah untuk para pemain Kalteng Putra. Sebab, CEO Agustiar Sabran merasa bangga karena mampu bersaing meski berstatus tim promosi.

"Untuk bonus, pasti ada. Setiap selesai pertandingan pasti ada apresiasi untuk tim. Namun, ini bukan tujuan utama. Hanya sebagai stimulan agar selalu mendapatkan hasil yang positif di setiap pertandingan," ungkap Agustiar.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT