Liga Indonesia

Sinar dari Mutiara Hitam, Ini Pemain Paling Sibuk Sepanjang Sejarah Liga 1

Kamis, 23 Mei 2019 16:26 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Jubi/Roy Ratumakin
Pemain Persipura Jayapura, Yustinus Pae. Copyright: © Jubi/Roy Ratumakin
Pemain Persipura Jayapura, Yustinus Pae.

INDOSPORT.COM – Pemain senior Persipura Jayapura, Yustinus Pae, mencatatkan namanya dalam sejarah kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 pada laga menghadapi Persela Lamongan, Rabu (22/5/19) lalu.

Pada pertandingan yang berakhir imbang 2-2 tersebut, Yustinus tampil penuh selama 90 menit untuk Persipura. Penampilan tersebut membuat Yustinus menjadi pemain pertama yang mencatatkan lebih dari 6.000 menit bermain dalam sejarah Liga 1.

Dihimpun dari akun Twitter @liga1statistics, catatan waktu bermain Yustninus merupakan yang tertinggi sejak kompetisi kasta teratas Liga Indonesia diubah namanya menjadi Liga 1 pada tahun 2017 lalu.

Total, pemain kelahiran Jayapura itu bermain dalam 68 pertandingan Liga 1 dengan menit bermain mencapai 6.113 menit. Hebatnya lagi, Yustinus mencetak rekor itu bersama satu klub, yakni Persipura. Pemain yang akrab disapa Tinus Pae itu merupakan sosok tak tergantikan di skuat Mutiara Hitam.

Dalam dua musim terakhir, Yustinus nyaris selalu bermain penuh selama satu musim. Pemain yang fasih bermain sebagai bek kanan dan winger itu selalu bermain dalam 33 pertandingan Persipura dalam dua musim terakhir.

Yustinus sendiri merupakan salah satu nama senior di skuat Persipura musim ini. Ia merupakan jebolan tim junior Mutiara Hitam yang sukses menembus skuat utama pada tahun 2007 lalu.

Selama lebih dari satu dekade berseragam merah-hitam Persipura, Yustinus sukses meraih sejumlah gelar bergengsi. Ia dua kali meraih trofi juara Indonesia Super League (ISL) musim 2008/09 dan 2010/11.

Selain dua gelar juara ISL, pemilik dua caps bersama Timnas Indonesia itu juga berhasil mempersembahkan satu trofi Indonesian Community Shield 2009 dan satu gelar Indonesian Inter Island Cup 2011 bagi Persipura.

Terus Ikuti Berita Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM