Liga Indonesia

Jika Dinaturalisasi, Darren Sidoel Belum Tentu Jadi Starter di Timnas Indonesia?

Jumat, 24 Mei 2019 09:32 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© GettyImages
Darren Sidoel saat menjalani sesi latihan bersama Reading. Copyright: © GettyImages
Darren Sidoel saat menjalani sesi latihan bersama Reading.

INDOSPORT.COMDarren Sidoel merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negri. Dirinya telah mencicipi karier bersama tim muda ternama di dunia, yakni Ajax Amterdam dan Reading.

Pemain berusia 21 tahun tersebut memiliki keturunan Jawa, Kapubaten Wonosobo, dari sang ayah. Darren Sidoel juga sempat memberikan syarat bahwa ia bersedia untuk bergabung dengan Timnas Indonesia di masa mendatang.

Karena dalam wawancara terbarunya, Darren Sidoel mengaku senang jika Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengundangnya untuk membicarakan soal masa depannya di Timnas Indonesia.

“Jika PSSI ingin mengundang saya untuk membela timnas, maka saya akan senang untuk berbicara dengan mereka soal peluang tersebut dan mempertimbangkan bermain untuk timnas Indonesia," ujar Sidoel.

Darren Sidoel akhir-akhir ini tengah berada di Indonesia. Itu terlihat ketika sang pemain selalu mengunggah foto-fotonya saat berada di Jakarta. Bahkan ia juga sempat ‘mencicipi’ rumput Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Dirinya juga beberapa kali ketahuan ingin mengetahui perkembangan Timnas Indonesia dengan mengikuti akun media sosial PSSI dan Simon McMenemy. Situasi itu membuat namanya digadang-gadang bakal membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat ini.

Belum Tentu Jadi Starter di Timnas Indonesia?

© Twitter
Darren Sidoel Pemain Keturunan Indonesia Yang Bermain di Inggris Copyright: TwitterDarren Sidoel Pemain Keturunan Indonesia Yang Bermain di Inggris.

Sama seperti pemain lainnya, Darren Sidoel tak memiliki jaminan untuk mendapatkan posisi utama di skuat Timnas Indonesia. Meski berkarier di luar negri, belum tentu Darren Sidoel menjadi anak emas di Skuat Garuda.

Terlebih usia Darren Sidoel masih terbilang sangat muda, yakni 21 tahun. Dirinya juga belum mengerti kultur sepak bola Indonesia. Kondisi ini bisa menjadi alasan jika bukan sesuatu hal yang mudah Darren Sidoel menembus skuat utama Timnas Indonesia.

Apalagi, pelatih Simon McMenemy lebih tertarik memainkan para pemain senior untuk mengisi skuat Timnas Indonesia. Dirinya berani melakukan perubahan dengan mencoret nama-nama yang biasanya langganan masuk Timnas Indonesia.

Kebanyakan pemain yang dicoret itu rata-rata usianya masih terhitung muda. Bahkan nama Febri Hariyadi beberapa bulan lalu sempat tidak masuk dalam rencana Simon McMenemy. Namun akhirnya Febri mendapatkan tempat saat Riko Simanjuntak dipulangkan ke Persija.

Simon McMenemy pun justru memanggil pemain-pemain veteran seperti Yustinus Pae, Ruben Sanadi, Ricardo Salampessy, Achmad Jufriyanto. Ia enggan memanggil pemain mua seperti Gavin Kwan Adsit dan I Putu Gede untuk mengisi lini belakang Skuat Garuda.

Situasi ini membuat Darren Sidoel sulit mendapatkan tempat utama di lini pertahanan Timnas Indonesia. Namun jika ia mampu menarik perhatian sang pelatih, bukan tidak mungkin ia bisa menjadi andalan di pos belakang.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%