Liga Indonesia

Kasus Naturalisasi Ezra Walian di Timnas Indonesia, Bisa Berdampak ke Darren Sidoel?

Jumat, 24 Mei 2019 13:38 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Kasus naturaliasi Ezra Walian di Timnas Indonesia bisa berdampak ke Darren Sidoel. Copyright: © INDOSPORT
Kasus naturaliasi Ezra Walian di Timnas Indonesia bisa berdampak ke Darren Sidoel.

INDOSPORT.COM - Penyerang Timnas Indonesia U-23, Ezra Walian secara mengejutkan tidak diperbolehkan untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 beberapa bulan lalu. FIFA tidak mengizinkan Ezra tampil di ajang tersebut karena terganjal statuta.

FIFA memang telah merilis surat resmi kebijakan melarang Ezra Walian bermain untuk Timnas Indonesia. Surat tersebut tertanggal 21 Maret 2019, yang ditandatangani langsung oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players Status, Erika Montemor Ferreira.

Isi dari surat tadi berbunyi bahwa Ezra sudah tak boleh lagi membela Timnas Indonesia. Hal ini disebabkan, status Ezra Walian di FIFA sudah lebih dulu tercatat sebagai pemain sepak bola berkebangsaan Belanda.

"Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah Asosiasi merujuk kepada fakta bahwa dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai salah satu perwakilan dari tim Belanda," bunyi surat tersebut.

Seperti yang diketahui, Ezra Walian pernah memperkuat Timnas Belanda U-17 di Euro U-17 2014 lalu. Saat itu, penyerang yang masih berusia 21 tahun tersebut memainkan dua pertandingan dan mencetak lima gol.

PSSI masih punya harapan untuk menyelamatkan Ezra Walian dari larangan FIFA, yang tidak memperbolehkannya membela Timnas Indonesia. PSSI harus bisa mengirimkan informasi atau bukti dokumen pendukung tentang Ezra Walian yang diperlukan dan sesuai aturan FIFA.

Bisa Berdampak ke Naturalisasi Darren Sidoel?

© instagram.com/darren.sidoel
Apakah Darren Sidoel bisa bertahan di Reading FC atau malah dilepas ke klub antah berantah? Copyright: instagram.com/darren.sidoelDarren Sidoel saat menjalani sesi latihan bersama Reading.

Kasus Ezra Walian ini bisa saja menimpa Darren Sidoel, yang digadang-gadang bakal menjalani proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia di masa mendatang. Mengingat, Darren Sidoel juga pernah memperkuat Timnas Belanda U-17.

Artinya, Ezra Walian dan Darren Sidoel sama-sama pernah menjadi bagian Timnas Belanda U-17. Dua pemain yang lahir di Belanda tersebut bahkan bermain di kompetisi Euro U-17 di musim yang berbeda.

Darren Sidoel tampil sebanyak dua kali di ajang Euro U-17 2015 yang diselenggarakan di Bulgaria. Setiap ia bermain, Belanda U-17 selalu menorehkan kemenangan dan sukses mencatatkan clean sheets.

Dengan begitu, situasi Darren Sidoel sama persis dengan Ezra Walian, yang sama-sama pernah tampil bersama Timnas Belanda U-17 di ajang resmi FIFA. Meski demikian, bukan berarti Darren Sidoel tak akan bisa tampil bersama Timnas Indonesia.

PSSI harus belajar dari kasus Ezra Walian agar tidak berdampak kepada proses naturalisasi Darren Sidoel. PSSI harus bergerak cepat untuk melengkapi berkas-berkas yang diinginkan FIFA agar proses kepindahan Darren Sidoel ke Indonesia berjalan mulus.