Liga Indonesia

Peringkat Liga di Asia Versi AFC, Indonesia Menempati Posisi ke-26

Jumat, 24 Mei 2019 10:56 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sponsor Liga Indonesia (Liga 1). Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sponsor Liga Indonesia (Liga 1).

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola Liga Indonesia terlempar dari posisi 20 besar dalam peringkat liga negara-negara Asia yang dikeluarkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Penilaian AFC didapatkan dari penjumlahan ranking negara dan peforma negara tersebut di kompetisi Asia (Liga Champions Asia dan Piala AFC) dalam empat tahun terakhir.

Dalam rilis AFC untuk bulan Mei 2019, dari 45 negara yang menjadi anggota AFC, kompetisi sepak bola Indonesia menempati peringkat ke-26 dalam ranking liga negara-negara Asia, dengan perolehan poin 10,186.

China masih menjadi negara dengan kompetisi sepak bola terbaik di Asia. Negeri Tirai Bambu itu menempati posisi teratas dalam daftar ranking liga versi AFC dengan 100 poin . Di bawah China, berurutan ditempati oleh Qatar, Korea Selatan, Iran, dan Jepang yang menempati posisi lima besar ranking liga versi AFC.

Sementara Thailand menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara (ASEAN) yang mampu menembus posisi 10 besar. Kompetisi sepak bola Liga Thailand berhasil menempati peringkat ke-8 dalam daftar ranking AFC.

Selain Thailand, negara ASEAN yang dinilai mampu menggelar kompetisi sepak bola secara baik oleh AFC adalah Filipina dan Singapura. Prestasi gemilang yang diraih salah satu wakil Filipina di Piala AFC 2019, Ceres Negros FC, berimbas pada melejitnya peringkat kompetisi sepak bola Liga Filipina di ranking AFC.

Saat ini, Filipina menempati peringkat ke-12, dan merupakan negara ASEAN dengan peringkat kedua terbaik setelah Thailand. Sedangkan Singapura berada di peringkat ke-16, mengungguli tetangganya Malaysia yang menempati peringkat ke-17.

Indonesia sendiri bukan satu-satunya negara ASEAN yang berada di luar peringkat 20 besar. Selain Indonesia, ada Vietnam (22), Myanmar (25), dan Kamboja (27) yang menempati peringkat di luar 20 besar dalam ranking liga negara-negara Asia veri AFC untuk bulan Mei 2019.

Terus Ikuti Berita Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%