Liga Italia

Rekap Serie A Italia 2018/19: Atalanta ke Liga Champions, Ronaldo Gagal Top Skor

Senin, 27 Mei 2019 14:17 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Cristiano Ronaldo gagal meraih gelar top skor meski membawa Juventus juara Serie A Italia 2018/19. Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images Copyright: © Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Cristiano Ronaldo gagal meraih gelar top skor meski membawa Juventus juara Serie A Italia 2018/19. Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola Serie A Italia 2018/19 telah resmi berakhir. Juventus keluar sebagai juara untuk delapan kalinya secara beruntun.

Penentuan klub-klub sepak bola asal Italia yang lolos ke Liga Champions 2019/20 musim depan terasa lebih seru ketimbang penentuan juara bahkan harus menanti hingga giornata 38 atau pekan terakhir.

Juventus dan Napoli sudah dari jauh-jauh pekan sebelumnya memastikan tiket Liga Champions. Sementara itu, empat klub lainnya harus saling ‘membunuh’ untuk memperebutkan dua tiket tersisa, yakni Atalanta, Inter Milan, AC Milan, dan AS Roma.

Atalanta yang semula tidak dijagokan justru mampu melenggang ke pentas tertinggi antarklub Eropa. La Dea yang untuk pertama kalinya bermain di Liga Champions ditemani Inter Milan.

Milan yang finis di urutan kelima terpaksa bermain di Liga Europa 2019/20 bersama Lazio sebagai juara Coppa Italia 2018/19, sedangkan Roma harus menjalani kualifikasi ketiga sebelum mentas di babak grup.

Di klasemen akhir, tiga klub yang dipastikan terdegradasi ialah Empoli, Frosinone, dan Chievo. Brescia dan Lecce menjadi dua tim yang dipastikan promosi, sedangkan satu slot sisanya masih diperebutkan Cittadella dan Hellas Verona.

Top skor Serie A Italia 2018/19 diraih oleh striker Sampdoria, Fabio Quagliarella. Pemain berusia 36 tahun itu mengalahkan raihan gol Cristiano Ronaldo dengan catatan 26 gol.

Rekap Serie A Italia 2018/19:

Liga Champions: Juventus, Napoli, Atalanta, Inter Milan

Liga Europa: AC Milan, Lazio, AS Roma (playoff)

Degradasi: Empoli, Frosinone, dan Chievo

Promosi: Brescia, Lecce, Cittadella/Hellas Verona (playoff)