Liga Indonesia

Kabar Persma Manado, Saingan Sulut United dari Sulawesi yang Pernah Tantang Ronaldo

Selasa, 28 Mei 2019 10:51 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pecinta sepak bola Indonesai dikejutkan dengan munculnya klub baru di kompetisi Liga 2 2019. Klub yang dimaksud ialah Sulut United.

Sulut United dikabarkan akan mengambil alih slot Bogor FC. Logo klub Sulut United sempat membuat heboh netizen di media sosial karena mirip dengan logo klub Liga Primer Inggris, Manchester City.

Kehadiran Sulut United di kasta kedua Liga Indonesia kembali menggairahkan sepak bola Sulawesi Utara. Meski bisa bermarkas di sana, mereka tidak dapat memakai nama Sulut United sebelum mendapat pengesahan melalui Kongres Tahunan PSSI.

Bicara soal Sulut United dan sepak bola Sulawesi, terutama Manado, tidak dapat dilepaskan dari klub Persma Manado. Klub yang identik dengan kostum kuning-biru ini pernah menjadi kekuatan wilayah timur Indonesia.

Dibanding Persibom Bolaang Mongondow dan Persmin Minahasa, Persma Manado lebih punya prestasi mentereng dengan segudang pemain yang pernah lahir dari klub tersebut, seperti Firman Utina, Jendry Pitoy, Francis Wewengkang, dan Joice Sorongan.

Persma Manado bahkan pernah ditantang klub raksasa Belanda, PSV Eindhoven, yang diperkuat pesepak bola legendaris asal Brasil, Ronaldo Nazario.

Juni 1995, Ronaldo kala itu masih berusia 18 tahun, masih sangat muda. Ia datang ke Stadion Klabat, Manado bersama skuat PSV Eindhoven dalam tajuk laga persahabatan.

PSV Eindhoven yang diperkuat bek tangguh Jaap Stam berulang kali membuat kiper Persma Manado, Rudi Momot, jatuh bangun menghalau bola.

Persma Manado yang baru promosi ke Divisi Utama dan merekrut trio Chile, Rodrigo Araya, Juan Rubio, dan Sanchez akhirnya kalah telak 0-6.