Liga Indonesia

Persipura Tunjuk Asisten Pelatih Putra Asli Papua, Siapa Dia?

Selasa, 28 Mei 2019 12:33 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Irfan Fikri
© Media Officer Persipura
Luciano Leandro saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam sesi latihan di Stadion Mandala. Foto: Media Officer Persipura Copyright: © Media Officer Persipura
Luciano Leandro saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam sesi latihan di Stadion Mandala. Foto: Media Officer Persipura

INDOSPORT.COM - Manajemen Persipura Jayapura akhirnya memutuskan untuk menunjuk Ridwan Bauw sebagai asisten pelatih untuk mendampingi pelatih kepala Luciano Leandro.

Ridwan merupakan mantan pemain Persipura yang pernah ikut berjasa mengantarkan menjadi kampiun di Liga Indonesia untuk pertama kalinya di tahun 2005 silam.

Penunjukkan Ridwan mendampingi Luciano Leandro atas pertimbangan sang ketua umum, Benhur Tomi Mano yang menginginkan posisi tersebut dihuni oleh putra asli Papua.

"Pertama, dia adalah orang Papua dan kedua Ridwan juga mantan pemain Persipura. Ini yang saya harapkan," ujar Benhur keterangan yang diterima awak portal berita olahraga INDOSPORT, Senin (27/5/19).

Tak hanya itu, Benhur juga menilai, pengalaman Ridwan yang pernah bermain bersama Boaz Solossa dan Ian Kabes akan melahirkan sebuah chemistry.

"Dia pernah angkat piala bersama Boaz dan Ian, mungkin ini jadi reuni antara mereka, tetapi reuni ini antara pelatih dan pemain. Ridwan jadi asisten pelatih, dan Ridwan sekarang sudah miliki lisensi C AFC," jelasnya.

Sebelumnya, asisten manajer Bento Madubun juga telah membocorkan jika sosok asisten pelatih tersebut merupakan mantan pemain Persipura dan juga anak asli Papua.

Dirinya berharap, penunjukkan Ridwan tersebut akan memudahkan pekerjaan Luciano dalam meramu strategi dan memotivasi pemainnya.

"Apa yang seperti kita harapkan, Ridwan merupakan mantan pemain Persipura dan dia akan lebih muda dalam segi akplikatifnya nanti. Banyak hal yang kita lihat juga terkait dengan pengalamannya, kerjasama dan sikap itu menjadi pertimbangan kami," tandasnya.

Di Liga 1 Indonesia hingga pekan ini, Persipura Jayapura berada di peringkat 11 klasemen sementara dengan raihan 1 poin setelah hanya meraih hasil imbang dan satu kali kalah di dua laga awal.